Berkat Program Bewara DS, Bupati Bandung Dadang Supriatna Raih Liputan6 Award 2024

Ia berharap program layanan internet gratis Bewara DS dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat desa, terutama untuk menunjang pendidikan dan meningkatkan perekonomian desa.

oleh Muhammad Ali diperbarui 02 Agu 2024, 08:49 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2024, 17:22 WIB
Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna
Chief Content Officer (COO) KapanLagi Youniverse, Wens Manggut (kanan) memberikan plakat kepada Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung Yosep Nugraha yang mewakili Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna saat acara Anugerah Inspiratif Liputan6.com di hotel Shangri La, Jakarta, Rabu (31/7/2024). Bupati Kabupaten Bandung, menerima penghargaan " Tokoh Inspiratif Pegiat Transformasi Inklusi Digital Pedesaan dan Pembangunan Insfrastuktur Pariwisata". (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Bandung, Dadang Supriatna, menerima penghargaan ke-353 selama masa jabatannya sebagai Bupati Bandung. Penghargaan kali ini diraihnya dalam sebuah acara bertajuk Cita & Cipta 2024 yang digelar di Hotel Shangri-la, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Bupati Dadang menyabet Liputan6 Award dalam kategori Tokoh Inspiratif Pegiat Transformasi Inklusi Digital Pedesaan dan Pembangunan Infrastruktur Pariwisata.

Dia dinobatkan sebagai tokoh yang sukses menerapkan program Bedas Wifi Sarerea Digital Service (Bewara DS), yang menyediakan layanan internet gratis di 270 desa dan 10 kelurahan di Kabupaten Bandung.

Selain itu, dalam rangka percepatan transformasi digital, Diskominfo Kabupaten Bandung juga telah menyiapkan super apps “Bedas Smart Services (BSS). Aplikasi ini berguna untuk informasi publik, layanan publik, dan administrasi pemerintahan, sehingga masyarakat yang membutuhkan informasi dan layanan publik, serta pelaksanaan tugas pegawai pemerintah akan lebih dimudahkan.

Dalam acara tersebut, Bupati Bandung Dadang Supriatna yang diwakilkan oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung Yosep Nugraha menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada redaksi Liputan6.com atas penghargaan tersebut.

Ia juga berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Bandung, para pemangku kepentingan, serta masyarakat Kabupaten Bandung yang telah berkolaborasi dalam membangun Kabupaten Bandung yang semakin maju.

"Prestasi ini saya persembahkan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bandung, terutama masyarakat desa. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi masyarakat, bahwa tinggal di desa tidak menghalangi mereka untuk maju dan menguasai teknologi informasi," ujar Yosef mewakili Bupati Bandung.

Ia berharap program layanan internet gratis Bewara DS dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat desa, terutama untuk menunjang pendidikan dan meningkatkan perekonomian desa.

Dia juga menambahkan bahwa program ini merupakan upaya untuk membangun SDM berkualitas dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

Sebagai informasi, program Bewara DS adalah komitmen Pemkab Bandung untuk menyediakan layanan internet melalui WiFi gratis yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat tanpa perlu menggunakan password.

Layanan ini ditempatkan di area publik seperti taman, Kantor Posyandu, pasar, dan area publik lainnya yang mudah diakses masyarakat.

Dengan diluncurkannya program Bewara DS ini, diharapkan dapat memberikan akses internet yang lebih luas dan merata kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Bandung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Liputan6 Kembali Gelar Anugerah Perempuan Hebat

Liputan6 kembali mempersembahkan Anugerah Perempuan Hebat 2024 bagi 8 perempuan terpilih Indonesia dalam 6 kategori dan Anugerah Inspiratif 2024 bagi 12 kepala daerah, tokoh dan lembaga yang menginspirasi di berbagai bidang. Pemberian penghargaan ini dikemas dalam sebuah acara bertajuk Cita & Cipta 2024 yang digelar di Hotel Shangri-la, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Pemimpin Redaksi Liputan6.com Elin Yunita Kristanti dalam sambutannya mengatakan meski diterpa pandemi Covid-19 bertahun-tahun, anak bangsa tak pernah berhenti mencetak prestasi.

"Bahkan, di tengah semua pembatasan itu, sejumlah tokoh, para profesional, pekerja seni, atlet hingga orang awam, menawarkan gagasan dan tindakan nyata yang bisa jadi solusi bagi permasalahan bersama," ujar Elin.

Mengapresiasi itu semua, lanjut dia, melalui Cita & Cipta 2024, Liputan6.com berusaha untuk menyatukan sejumlah kerja nyata dan gagasan tersebut dalam ajang diskusi dan pemberian penghargaan bagi mereka yang sudah melahirkan karya luar biasa.

"Saya berharap, kegiatan ini akan menjadi ajang tahunan yang mampu merekam gagasan serta kerja nyata yang layak diangkat ke hadapan publik serta bisa menjadi pemantik bagi munculnnya sosok-sosok baru dengan prestasi tak kalah membanggakan," pungkas Elin.

Tahun ini, Anugerah Perempuan Hebat antara lain diraih Prof Erlina Burhan, Guru Besar FK-UI yang ikut mengembangkan vaksin Covid-19 serta ikut membuat pedoman standar internasional untuk perawatan Tuberkulosis.

Sosok lainnya adalah Adipratnia Satwika Asmady, perempuan muda perancang Satelit Satria-1 di Paris, Prancis yang sekaligus memimpin peluncuran satelit tersebut di SpaceX Cape Canaveral Space Launch Complex, Florida, Amerika Serikat tahun lalu.

Kemudian ada Teguh Santika, perempuan penggerak warga seminomadik Suku Batin Sembilan yang ada di perbatasan Jambi dan Sumatera Selatan. Bersama anggota komunitasnya Bi Teguh kerap menyambangi dan merangkul perambah hutan untuk memulihkan kembali hutan yang rusak.

Ada pula sosok perempuan kuat Megawati Hangestri Pertiwi, atlet bola voli putri Indonesia asal Jember, Jawa Timur yang membawa klubnya Jakarta BIN sebagai juara Proliga 2024 sekaligus menyabet gelar Pemain Terbaik. Tahun ini, Megawati juga akan Kembali bermain untuk klub Daejeon CheongKwanJang Red Sparks Korea Selatan.

 


Penerima Anugerah Lainnya

Tiga personel grup musik cadas Voice of Baceprot (VoB), Marsya, Siti dan Widi juga meraih Anugerah Perempuan Hebat berkat kemampuannya bermain musik dan mendapat pengakuan dunia melalui serangkaian tur ke sejumlah negara Eropa seperti Jerman, Prancis, Belanda, Inggris, Belgia dan Swiss.

Terakhir adalah Ropina Tarigan, pendiri Yayasan Vina Smart Era yang sejak tahun 2007 sudah bersentuhan dengan anak-anak pengidap HIV/AIDS. Saat ini Bidan Vina dan keluarga mengasuh 10 orang anak di kediamannya di di kawasan Tambora, Jakarta Barat dan 139 anak dengan HIV/AIDS lainnya di Jabodetabek.

Selain para tokoh tersebut, ada dua peraih Spesial Award Anugerah Perempuan Hebat masing-masing Menteri Ketenagakerjaan Hj. Ida Fauziyah (Pionir Transformasi dan Kemitraan Ketenagakerjaan) dan Ketua Dekranasda Trenggalek Novita Hardini Mochamad (Penggerak Pembangunan Pendidikan Inklusi).

Untuk ajang Anugerah Inspiratif ada 12 pemenang yang berasal dari sejumlah kepala daerah, tokoh dan lembaga yang menginspirasi di berbagai bidang.

Seperti Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Bupati Bandung Dadang Supriatna, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara H. Rendi Solihin.

 

Infografis 6 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi
Infografis 6 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya