KIM Plus Dikabarkan Deklarasi Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta 8 Agustus, Golkar: Tunggu Besok

Partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) memastikan bakal mengusung tokoh di Pilkada Jakarta, nama yang muncul mengerucut ke satu nama yakni Ridwan Kamil.

oleh Tim News diperbarui 07 Agu 2024, 20:03 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 20:03 WIB
Dipakaikan Jas Kuning, Ridwan Kamil Resmi Gabung ke Golkar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima kartu anggota Partai Golkar dari Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto di DPP Golkar, Jakarta,Rabu (18/1/2023). Ridwan Kamil resmi bergabung dengan Partai Golkar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus dikabarkan, bakal mengumumkan pasangan calon yang akan diusung di Pilkada Jakarta pada besok, Kamis 8 Agustus 2024. Diketahui untuk Pilkada Jakarta sudah mengerucut ke satu nama yakni Ridwan Kamil

Menanggapi hal itu, Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono meminta agar publik menunggu. Dia enggan memberikan keterangam secara detail terkait kabar tersebut.

"Kita tunggu besok," kata Dave, saat dikonfirmasi, Rabu (7/8/2024). 

Saat dipertegas, apakah KIM akan mengusung Ridwan Kamil, dia pun hanya memimta doa. "Mohon doanya," ucap dia. 

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa partainya segera memutuskan nasibnya akan maju di Pilkada Jakarta atau Jawa Barat.

Setidaknya ada tiga tanggal yang menjadi waktu pengumuman dan sudah ditentukan Golkar.

Ridwan Kamil menyatakan bahwa tiga tanggal yang ditentukan tersebut sudah ditentukan pada Agustus 2024 mendatang. 

"Tanggal 8-16-22. Kalau Golkar itu ada tiga jendela. Jendela tanggal 8, jendela tanggal 16, jendela tanggal 22," kata Kang Emil di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (24/7).

Dia mengatakan bahwa cepat atau tidaknya keputusan yang diambil Golkar tergantung dari dinamika politik. Namun yang paling cepat, keputusan akan ditentukan pada 8 Agustus 2024.

"Berarti kalau nggak ada dinamika tanggal 8 agustus, kalau masih ada dinamika 16, kalau masih ada dinamika lagi tanggal 22. Karena pendaftaran kan tanggal 27-28," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


KIM Bantah Jegal Anies di Pilkada Jakarta

Bakal cagub di Pilkada Jakarta 2024, Anies Baswedan
Bakal cagub di Pilkada Jakarta 2024, Anies Baswedan (Liputan6.com/ Winda Nelfira)

Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno membantah kabar yang menyebutkan pembentukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk menjegal Anies Baswedan maju Pilkada Jakarta.

Eddy menyebut, peluang Jakarta memiliki dua paslon tetap terbuka. "Bagaimana cara menjegalnya gitu ya. Tapi yang namanya kita berpolitik kan kita berpolitik ingin guyub ya, ingin guyub, ingin maju. Demokrasi juga harus tetap hidup. Jadi peluang bagi terciptanya dua pasangan calon untuk berlaga baik di Jakarta maupun di Jawa Barat, ya saya kira itu tetap terbuka, terbuka luas ya," kata Eddy di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Eddy juga membantah bahwa KIM mendorong agar terjadi kotak kosong di Pilkada Jakarta. Dia mengatakan, tidak ada desain untuk menciptakan kotak kosong di pilkada.

Dia mengatakan, kotak kosong bisa terjalin ketika semua partai-partai sepakat mengusung pasangan calon yang sama. "Ya apakah karena ada ikatan ya emosional atau karena ada pandangan bahwa ini adalah calon yang terkuat," kata dia.

Eddy menegaskan tak ada konspirasi untuk mengggalkan Anies di Jakarta.

"Tetapi tidak ada pertimbangan lain di luar itu. Jadi kalau sampai ada teori konspirasi untuk menggagalkan salah satu calon untuk maju di Pilgub ini, tidak ada," kata dia.

 

Reporter: Alma Fikhasari 

Sumber: Merdeka.com

Infografis Golkar Buka Peluang Usung Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Golkar Buka Peluang Usung Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya