Hadiri Ujian DAN, Oso Harap Peserta Bisa Berprestasi dalam Seni Bela Diri Karate

Ketua Dewan Pembina Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) Oesman Sapta Odang atau Oso berharap, peserta ujian kelak bisa berprestasi dalam seni bela diri karate.

oleh Tim News diperbarui 02 Sep 2024, 13:39 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 22:02 WIB
Ketua Dewan Pembina Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) Oesman Sapta Odang atau Oso berharap, peserta ujian kelak bisa berprestasi dalam seni bela diri karate.
Ketua Dewan Pembina Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) Oesman Sapta Odang atau Oso berharap, peserta ujian kelak bisa berprestasi dalam seni bela diri karate. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan Karateka mengikuti ujian 'DAN' atau ujian kenaikan tingkat yang digelar oleh Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) di Oso Sport Center, Grand Wisata Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (1/9/2024).

Ujian digelar selama tiga hari hingga 1 September 2024 tersebut berbarengan dengan Gashuku Nasional KKI 2024 dan pertemuan Dewan Guru Provinsi.

Ketua Dewan Pembina KKI Oesman Sapta Odang atau Oso yang hadir menyaksikan langsung, memuji pelaksanaan ujian DAN. Dalam ujian tersebut ada beberapa aspek penting, salah satunya keseragaman jurus dan penguasaan terhadap teknik-teknik baru.

"Bagus, saya melihat ada keseragaman dan ada teknik-teknik baru tapi mereka sudah bisa mengikuti. Dan yang paling penting mereka semangat dan serius mengikuti ujian DAN," ujar Oso, melalui keterangan tertulis, Minggu (1/9/2024).

Dia berharap, peserta ujian kelak bisa berprestasi dalam seni bela diri karate. Sekaligus, kata Oso, menekankan ujian DAN diuji oleh Dewan Guru KKI yang tidak main-main.

"Dewan Guru kita tidak main-main, mereka punya pengalaman, pengalaman bertanding, melatih dan memenangkan atlet KKI. Mudah-mudahan yang kita harapkan itu semua bisa tercapai oleh KKI sebagai organisasi Karate terbesar di Indonesia," tandas Oso.

Untuk diketahui, total peserta ujian DAN mencapai 644 peserta dari 26 Provinsi. Serta dibagi dalam 4 tingkatan. Pada tingkat 1 jumlah peserta yang mengikuti ujian sebanyak 508 peserta.

Lalu tingkat 2 jumlah peserta yang mengikuti ujian sebanyak 76. Sementara untuk tingkat 3 tercatat ada 44 peserta ikut ujian. Dan tingkat 4 diikuti 33 peserta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pesan untuk Peserta

Oesman Sapta Odang alias Oso.
Tokoh nasional asal Kalimantan Barat Oesman Sapta Odang (Oso) yang juga merupakan Ketua Umum Partai Hanura mengaku yakin Daud Yordan akan menang melawan petinju asal Argentina, Herman Carizo. (Ist)

Sementara itu, Ketua Umum KKI Letjen (Purn) Mar Nono Sampono berpesan peserta wajib menularkan ilmunya ke peserta di daerah.

Hal tersebut, kata dia, agar anggota KKI daerah bertambah ilmunya, mengingat tahun depan akan ada Kejuaran Nasional (Kejurnas) KKI.

"Para peserta yang sudah mengikuti ujian selama tiga hari, wajib menularkan ilmunya ke anggota KKI di daerah. Agar anggota KKI di daerah bertambah ilmunya, sebab tahun depan akan menghadapi Kejurnas KKI," kata Nono dalam upacara penutupan.

Dalam kesempatan tersebut, KKI juga memberikan tiga hadiah sepeda motor bagi peraih nilai tertinggi. Hadiah diserahkan langsung oleh Ketua Umum KKI Nono Sampono dalam penutupan Gashuku Nasional serta Ujian DAN Nasional.

Infografis 29 Atlet Indonesia dari 12 Cabang Olahraga di Olimpiade Paris 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 29 Atlet Indonesia dari 12 Cabang Olahraga di Olimpiade Paris 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya