One Way Puncak Bogor Diberlakukan, Polisi Prioritaskan Kendaraan ke Arah Jakarta

Rizky menjelaskan pada rekayasa lalu lintas kali ini akan memprioritaskan wisatawan yang akan menuju Jakarta.

oleh Tim News diperbarui 16 Sep 2024, 10:57 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2024, 10:57 WIB
Ruas jalan Tol Jagorawi dan arteri mengarah Puncak, Kabupaten Bogor masih dipadati kendaraan wisatawan di hari keempat libur lebaran Idul Fitri.
Ruas jalan Tol Jagorawi dan arteri mengarah Puncak, Kabupaten Bogor masih dipadati kendaraan wisatawan di hari libur panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas one way pagi hari ini dari Puncak Bogor, Jawa Barat menuju Jakarta. Rekayasa lalu tersebut saat ini sedang berlangsung.

"Sedang proses one way. Sudah sampai Cisarua," kata Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Rizky Guntama saat dihubungi, Senin (16/9/2024).

Rizky mengatakan sebanyak ribuan pengendara telah memadati kawasan Puncak sejak kemarin dengan yang mendominasi adakah kendaraan roda dua.

"Tapi untuk kemarin 24 jam estimasi 140 ribu kendaraan didominasi roda dua," ucapnya.

Rizky menjelaskan pada rekayasa lalu lintas kali ini akan memprioritaskan wisatawan yang akan menuju Jakarta.

Diperkirakan pemberlakuan one way ini bakal berlangsung hingga sore hari mengingat hari ini menjadi hari terakhir libur panjang.

"Hari terakhir libur long weekend, jadi kami prioritaskan wisatawan yang kembali ke jakarta," jelasnya.

"One way Arah Jakarta, masih situasional, bagaimana Aris kiriman dari arah Cianjur seperti apa, estimasi mungkin sampai sore (one way)," ucap dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gelar Wonderful Puncak

FOTO: Tempat Wisata Kawasan Puncak Dipadati Pengunjung
Sejumlah wisatawan menikmati keindahaan alam di Cimory Dairyland, Puncak, Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Setelah upaya penertiban lapak liar di sepanjang jalan dan pemindahan pedagang kaki lima (PKL) ke kawasan Rest Area Gunung Mas, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) berencana menggelar program Wonderful Puncak di kawasan wisata Puncak hingga akhir 2024.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Yudi Santosa mengatakan beragam acara berupa pertunjukan seni budaya dan kuliner akan digelar untuk memeriahkan program itu. Tujuannya adalah meningkatkan jumlah kunjungan di kawasan wisata Puncak.

Dimulai pada 27--28 September 2024, Wonderful Puncak akan menghadirkan Harmony of Bogor. Acara dilanjutkan dengan Puncak Fashion Week dan West Java Folklore pada 11--12 Oktober dan Suasana Rest Area Puncak pada 25 Oktober 2024.

Nanti ada 100 orang memainkan angklung, kompetisi band, kemudian kita juga akan mengadakan lomba masak nasi goreng kepala daerah," kata Yudi di Cibinong, Minggu, 15 September 2024, dilansir dari Antara, Senin (16/9/2024).

Rangkaian Wonderful Puncak akan dilanjutkan dengan program Santap Mantap pada 8--9 November 2024, Festival Tari Bogor pada 22--23 November 2024, Flashmob Pencak Silat pada 6--7 Desember 2024, Puncak Art Passion & Crative Market pada 20-21 Desember 2024, serta Puncak Fest pada 31 Desember 2024.

"Saat ini tahap optimalisasi kawasan wisata di Puncak. Menjadikan kawasan wisata yang berkelanjutan trigger-nya tetap ada di Rest Area Gunung Mas Puncak," ungkap Yudi.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi 

Sumber: Merdeka.com

Infografis Cara Generasi 90-an Jalani Liburan Sekolah
Infografis Cara Generasi 90-an Jalani Liburan Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya