Usai Dipanggil Prabowo, Yusril Diberi Tugas Jadi Menko Hukum dan HAM?

Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra selesai menghadap Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10/2024).

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 14 Okt 2024, 17:14 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2024, 17:12 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia bersama Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang.
Ketua Umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia bersama Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang. (Liputan6.com/Hisyam Adyatma)

Liputan6.com, Jakarta - Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra selesai menghadap Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10/2024). Yusril mengaku telah diberikan tugas dari Prabowo yang meliputi bidang hukum dan hak asasi manusia (HAM).

"Kita sudah kenal sejak puluhan tahun yang lalu, iya Pak, saya bilang, jadi terima kasih kesediaan Pak yusril untuk membantu saya. Saya tetap membantu pak prabowo di bidang yg beliau tugaskan itu adalah bidang saya sendiri sebenarnya, di bidang hukum dan hak asasi manusia," Kata Yusril di Kertanegara, Senin (14/10/2024).

Yusril menjelaskan bahwa dalam struktur pemerintahan baru, bakal ada kementerian koordinator (Kemenko) yang akan menangani masalah hukum dan HAM.

"Jadi, sekarang ini ditarik ke atas sehingga ada menko yang menangani masalah hukum dan HAM. Tugasnya nanti akan mencakup juga kementerian hukum dan HAM, tetapi juga kementerian dan lembaga lain yang internal pemerintah," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, membenarkan informasi bahwa Presiden terpilih Prabowo Subianto akan memanggil para calon menterinya di kabinet di Kediamanya di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024) sore.

"Iya rencananya sih seperti itu, diundang calon menteri yang kemarin sudah menandatangani kesediaan membantu, tapi finalisasinya adalah hari ini,” kata Dasco di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2024).

Prabowo Panggil Calon Menteri

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. (Dok. Istimewa)

Dasco menyebut, tokoh yang datang nanti sore akan bertemu langsung dengan Prabowo. Namun untuk finalisasinya setelah pertemuan.

"Nah finasliasinya setelah pertemuan," katanya.

Rencananya, pemanggilan pemanvgilan calon menteri akan berlangsung hari ini dan besok.

"Mungkin hari ini dan besok. Iya, di seputar Kertanegara," pungkasnya.

Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya