Giring Datangi Kertanegara Dipanggil Prabowo Sebut Bakal Dampingi Fadli Zon, Jadi Wamen Kebudayaan?

Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menyambangi kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan.

oleh Devira PrastiwiNanda Perdana Putra diperbarui 15 Okt 2024, 16:20 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 16:15 WIB
Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menyambangi kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan.
Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menyambangi kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto melanjutkan pemanggilan terhadap sejumlah tokoh terkait susunan menteri di kabinet pemerintahannya ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan.

Salah satu tokoh yang nampak hadir adalah Giring Ganesha. Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu tiba sekitar pukul 14.56 WIB dengan mengenakan batik cokelat.

Giring langsung berjalan masuk usai tiba di rumah Prabowo. Usai menemui Prabowo, Giring pun menyampaikan terima kasih.

"Saya mau berterima kasih pada Bapak Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan juga Wakil Presiden Terpilih Mas Gibran yang sudah mempercayakan saya dan juga terima kasih juga untuk Pak Prabowo yang sudah mengundang saya ke sini, tadi duduk sebentar, diberikan arahan mengenai beberapa hal," ujar Giring di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta, Selasa (15/10/2024).

"Dan yang jelas kita punya sebuah tanggungjawab besar untuk kedepannya membangun bangsa dan negara ini," sambung dia.

Terkait menjadi bagian apa, Giring tak bicara gamblang. Namun ia memberikan clue akan bersama dengan Fadli Zon menjadi Wakil Menteri Kebudayaan (Wamen Kebudayaan).

Seperti diketahui, Politikus Partai Gerindra Fadli Zon juga telah menyambangi Kertanegara usai dipanggi Prabowo pada Senin 14 Oktober.

Saat ditanya akan menjadi menteri apa, Fadli Zon enggan menjawab gamblang. Ia hanya memberikan kode-kode seperti akan mengurusi soal heritage dan kebudayaan Indonesia yang harus diperhatikan.

"Bukan domisili saya untuk bilang (jabatan apa), nanti itu tunggu. Seputar kemarin juga apa yang dibicarakan sama Bang Fadli Zon ya bahwa kita punya tugas besar untuk membangun bangsa dan negara dan juga tugas besar untuk reinventing the indonesian culture," ucap Giring.

 

Biarkan Prabowo Menjawab

Giring Ganesha dan PSI Dikunjungi Prabowo Subianto
Giring Ganesha dan PSI saat dikunjungi oleh Prabowo Subianto. (Instagram @giring)

Giring enggan menjawab pasti apakan dirinya akan menjabat sebagai Wakil Menteri Kebudayaan. Giring menyerahkan kepada Presiden Terpilih Prabowo untuk mengumumkan.

"Ya nanti Pak Prabowo aja. Pak Prabowo yang jawab ya. Sudah (pakta integritas). Sudah (fix)," kata dia.

"Pokoknya tolong nanti langsung tanya ke bapak. Terima kasih. Godbless indonesia," tutup Giring.

Selain itu, Giring pun sempat menyampaikan selamat kepada Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan istri Erina Gudono yang baru saja dikaruniai anak pertama.

"Dan di kesempatan yang baik ini saya juga mau mengucapkan selamat kepada Mas Kaesang dan Mba Erina yang pada hari ini lahir putri pertamanya. Kita doakan cinta dan doa untuk keluarga Mas Kaesang dan Mba Erina," jelas dia.

 

Fadli Zon Sambangi Kertanegara Bahas soal Kekayaan Budaya Indonesia, Bakal Jadi Menteri Kebudayaan?

Fadli Zon
Fadli Zon. Presiden Terpilih Prabowo Subianto mulai memanggil sejumlah tokoh yang digadang menjadi calon menteri di kabinetnya. Pemanggilan dilakukan pada sore hari ini.

Sebelumnya, Presiden Terpilih RI Periode 2024-2029 Prabowo Subianto pada Senin 14 Oktober 2024 memanggil sejumlah tokoh ke kediamannya di Kertanegara yang dikabarkan menjadi Calon Menteri di kabinetnya mendatang.

Salah satu yang hadir adalah Politikus Partai Gerindra Fadli Zon. Dengan menggunakan pakaian batik, Fadli Zon nampak hadir sendiri ke kediaman pribadi Prabowo.

Usai bertemu dengan Prabowo, Fadli Zon tidak bicara banyak. Namun ia mengaku dirinya diminta untuk 'membantu'.

"Ya saya diminta oleh beliau (Prabowo) untuk membantu. Kita lihat lah nanti tanggal 20 Oktober. Tentu terkait juga dengan apa yang selama ini saya lakukan dan saya punya passion," ujar Fadli usai bertemu Prabowo, Senin 14 Oktober 2024.

Saat ditanya akan menjadi menteri apa, Fadli Zon enggan menjawab gamblang. Ia hanya memberikan kode-kode.

"Ya pokoknya kalau sebenarnya passion saya itu sebenarnya itu, mengurusi berbagai macam heritage ya. Ya kita lihat nanti, banyak hal saya kira yang terkait dengan apa yang ini lah," ucap dia.

Menurut Fadli, saat ini Indonesia harus kembali menemukan identitasnya, mengingat memiliki ragam kebudayaan.

"Kita ini harus reinventing indonesian identity. Bagaimana kita menemukan kembali identitas Indonesia, karena kita ini kan bangsa yang megadiverstity," kata dia.

"Dan sebenarnya kita ini bisa menjadu ibu kota budaya dunia. Jadi kita saya kira punya kekayaan, budaya itu adalah nasional treasure kita," tutup Fadli Zon.

 

Suasana Kertanegara Jelang Panggilan Susulan Calon Menteri Kabinet Prabowo Hari Ini

Suasana kediaman Presiden terpilih, Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, mulai dipadati awak media jelang pemanggilan terhadap sejumlah tokoh terkait susunan menteri di kabinet pemerintahannya, Selasa (15/10/2024).
Suasana kediaman Presiden terpilih, Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, mulai dipadati awak media jelang pemanggilan terhadap sejumlah tokoh terkait susunan menteri di kabinet pemerintahannya, Selasa (15/10/2024). (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Presiden terpilih Prabowo Subianto melanjutkan pemanggilan terhadap sejumlah tokoh terkait susunan menteri di kabinet pemerintahannya. Kediaman Kertanegara, Jakarta Selatan, kembali menjadi tempat pertemuan tersebut.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (15/10/2024), hingga pukul 12.00 WIB suasana kediaman Kertanegara mulai dipadati awak media. Sejumlah tenda putih disiapkan untuk berteduh.

Rencananya, para tokoh akan mulai berdatangan sekitar pukul 14.00 WIB. Petugas berbatik tampak sudah berjaga-jaga di sekitaran kediaman Prabowo Subianto.

Presiden terpilih yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengakui masih akan mengundang tokoh-tokoh yang akan bergabung di pemerintahannya. Pertemuan itu akan berlangsung di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara, hari ini, Selasa (15/10/2024).

"Besok masih ada lagi proses. Saya kira sama lah jam 2 (siang). Wamen wamen, menterinya masih ada beberapa yang sedang di luar kota," ujar Prabowo usai menerima puluhan calon menteri di kediamannya, Jakarta Selatan, Senin malam, 14 Oktober 2024.

Prabowo telah memanggil puluhan tokoh dan politikus ke rumahnya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Mereka yang dipanggil diproyeksikan menjadi calon menteri Prabowo-Gibran.

Infografis Prediksi 12 Tokoh Berpeluang Besar Masuk Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Prediksi 12 Tokoh Berpeluang Besar Masuk Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya