Mahfud MD Mendadak Batal Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran di Gedung DPR - MPR

Mantan cawapres nomor urut 3 pada Pilpres 2024, Mahfud MD harus terbang ke Surabaya, Jawa Timur.

oleh Muhammad Ali diperbarui 20 Okt 2024, 07:27 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 07:25 WIB
Mahfud Md
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD. (Tim News).

Liputan6.com, Jakarta - Mahfud Md mendadak batal menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran di Gedung DPR-MPR, Jakarta, hari ini Minggu (20/10/2024). Mantan cawapres nomor urut 3 pada Pilpres 2024 itu harus terbang ke Surabaya, Jawa Timur. 

"Pagi seharusnya saya siap-siap ke Gedung MPR untuk menghadiri pelantikan presiden. Tetapi tiba-tiba saya harus menengok Ibu di Surabaya. Saya sudah beritahukan kepada Pimpinan MPR bahwa saya absen pada acara di MPR. Ibu saya sudah berusia 94 tahun, mudah-mudahan disehatkan oleh Allah SWT," demikian tulis Mahfud MD di akun media sosial X miliknya, dikutip Minggu.

Mantan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebelumnya juga merespons terkait undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pelantikan dijadwalkan di kompleks Senayan, Minggu 20 Oktober 2024. Ganjar Pranowo menyatakan, berencana hadiri pelantikan. Namun, kehadiran tergantung pada instruksi dari partai.

"Sudah (terima undangan). Rencana datang, kecuali nanti ada perintah dari partai," kata dia di Universitas Indonesia, Jumat (18/10/2024).

Ganjar mengatakan, seluruh kader PDI Perjuangan saat ini tengah disibukkan dengan agenda Pilkada serentak. Karena itu, ia belum dapat memastikan kehadirannya di acara pelantikan presiden.

"Karena sekarang kami lagi standby semua untuk Pilkada ya, karena kami menyiapkan, kalau nanti ada perintah, nanti kami akan berbagi," ujar dia.

Anies Disebut Akan Hadir

Mantan calon presiden (capres) Anies Baswedan Saat ditemui awak media di kediamannya, Jalan Lebak Bulus Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2024).
Mantan calon presiden (capres) Anies Baswedan Saat ditemui awak media di kediamannya, Jalan Lebak Bulus Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Ketua MPR RI Ahmad Muzani memastikan, dua mantan calon presiden (capres) Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo akan menghadiri pengambilan sumpah atau pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu, 20 Oktober 2024.

"Pak Anies, Mas Ganjar Alhamdulillah insyaallah hadir. Saya sudah berkontak tadi malam, Mas Ganjar menyampaikan kehadirannya, Mas Anies juga menyampaikan kehadirannya," kata Muzani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Sedangkan terkait dengan dua mantan calon wakil presiden yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Mahfud Md, dia belum bisa memastikan kehadiran mereka.

"Saya belum bisa kontak, demikian juga Mas Muhaimin. Tapi Mas Ganjar dan Mas Anies kami sudah berkontak Alhamdulillah," ujar dia.

Infografis

Infografis Menko Mahfud Md Sentil Isu Netralitas TNI-Polri di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menko Mahfud Md Sentil Isu Netralitas TNI-Polri di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya