[VIDEO] Angin Puting Beliung Terjang Jember dan Garut

Sedikitnya 5 rumah di Desa Ledok Ombo, Jember, Jawa Timur, rusak setelah dihantam angin puting beliung.

oleh Liputan6 diperbarui 23 Okt 2013, 05:20 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2013, 05:20 WIB
cuaca-buruk-131023a.jpg
Sedikitnya 5 rumah di Desa Ledok Ombo, Jember, Jawa Timur, rusak setelah dihantam angin puting beliung. Sedangkan di Garut, Jawa Barat, hujan hujan dan angin kencang mengakibatkan dua ruang kelas Madrasah Diniyah ambruk dan rata dengan tanah.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (23/10/2013), sebanyak 2 ruang kelas Madrasah Yayasan Nurul Huda Bani Hasan, Desa Tanjungsari, Kecamatan Karangpawitan, Garut ambruk usai hujan lebat dan angin kencang melanda. Usia bangunan yang sudah 22 tahun dan belum pernah direnovasi, rentan saat dihantam angin dan hujan.

Pengelola sendiri sudah memperkirakan hal ini dan telah berkali kali memperingatkan jamaah dan siswa untuk selalu waspada. Namun pengelola tak bisa menghentikan kegiatan belajar mengajar karena mereka tidak memiliki gedung lain untuk menggantikannya.

Pengelola berharap ada dermawan yang mau membantu membangun kembali gedung ini karena sangat dibutuhkan oleh 50 orang muridnya.

Angin puting beliung juga memporak porandakan Desa Ledok Ombo dan Desa Slateng, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Akibatnya, 5 rumah rusak berat, bahkan dua di antaranya rata dengan tanah. Selain hancur berantakan, perabotan rumah juga rusak tak bersisa.

Angin puting beliung datang secara tiba-tiba, bersamaan dengan hujan deras. Untuk sementara, warga yang rumahnya rusak parah, tinggal di tenda darurat. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya