Warga Rusun Marunda Dilatih Ternak Lele, Jokowi: Kecil Tapi Nyata

"Saya kira bentuk-bentuk kecil dan real seperti ini yang ingin dilihat masyarakat. Nanem sayur, lele, salon, seperti itu," kata Jokowi

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 06 Des 2013, 12:12 WIB
Diterbitkan 06 Des 2013, 12:12 WIB
jokowi-rusun130517b.jpg
Kedutaan Besar Singapura memberikan bantuan fasilitas dan pelatihan kepada warga rusun Marunda, Jakarta Utara. Bentuk bantuannya berupa layanan kesehatan, sosial, pendidikan PAUD, pelatihan keterampilan kerja, kebersihan, pertanian, penghijauan, dan perbaikan sarana fisik.

Penyerahan tersebut dihadiri Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang menggunakan kemeja batik berwarna kuning. Ia pun mengecek sebuah klinik di Blok B klaster 8 dan kemudian berkeliling mengecek sejumlah fasilitas yang ada di tiap blok rusun, seperti pasar, pertanian, dan ternak lele. Ia mengatakan penyediaan fasilitas tersebut sebagai bentuk pemenuhan janji Pemprov DKI kepada warga Rusun Marunda.

Meskipun masih ada fasilitas yang baru dimulai, menurutnya ternak lele dan pertanian sudah bisa memberi manfaat. Warga dapat memanennya dan menjual hasilnya di pasar.

"Saya kira bentuk-bentuk kecil dan real (nyata) seperti ini yang ingin dilihat masyarakat. Nanam sayur, lele, salon, seperti itu. Itulah yang memang diinginkan masyarakat," ujar Jokowi, Jumat (6/12/2013).

Ia menambahkan untuk pelatihan keterampilan yang sementara berjalan bagi warga rusun, Pemprov DKI juga didukung oleh pihak swasta. Untuk layanan kesehatan menurutnya sudah memadai, dengan alat medis yang lengkap di puskesmas serta ruang bersalin. Mantan walikota Solo itu berharap pelatihan dan fasilitas pendukung untuk warga rusun Marunda bisa menjadi rusun percontohan DKI Jakarta.

"Urban farming-nya dibuat contoh. Pelatihan-pelatihan las, sudah ada yang nerima, salon, enaga medis shift-shiftan. Semua bantuan. Kecil-kecil lah. Menurut kita kecil-kecil tapi itu sangat bermanfaat bagi masyarakat," kata Jokowi. (Adi/Ein)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya