[VIDEO] Jalur Pendakian Gunung Gede-Pangrango Ditutup Akhir Tahun

Penutupan jalur pendakian ini guna memulihkan ekosistem hutan.

oleh Muhammad Ali diperbarui 27 Des 2013, 18:15 WIB
Diterbitkan 27 Des 2013, 18:15 WIB
kilas-indo-131227c.jpg
Terhitung 31 Desember mendatang, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Resort Salabintana, Sukabumi, Jawa Barat, ditutup. Penutupan ini guna memulihkan ekosistem hutan.

Tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (27/12/2013), memberitakan meski ditutup, jalur wisata Curug Cibeureum masih dibuka. Petugas Balai Besar sudah jauh-jauh hari menyosialisasikan penutupan jalur pendakian maupun wisata tersebut.

Namun ada saja orang yang memaksakan masuk melalui jalur tikus. Dan itu di luar tanggung jawab petugas Balai Besar.

Sejuknya udara gunung tersebut, tentu menjadi magnet tersendiri bagi para pecinta alam untuk bersusah payah menuju ke sana. Namun jika melihat ruangan gedung DPRD, Karawang, Jawa Barat, yang juga sejuk, justru tampak sepi.

Hari pertama masuk kerja pascalibur Natal, puluhan Anggota DPRD itu membolos. Bahkan, unsur pimpinan DPRD tidak satu pun hadir ke gedung dewan.

Sejumlah PNS di lingkungan Pemkab Karawang juga terlihat tidak hadir. Bupati Karawang akan memanggil semua PNS yang membolos dan meminta pertanggungjawaban mereka yang tidak masuk tanpa surat keterangan.

Sementara aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa dan dosen menentang pelantikan Rektor Universitas Sulawesi Barat Aksan Jamaluddin di Bundaran Kota Majene, Sulawesi Barat, berakhir ricuh. Bentrokan tak terhindarkan setelah sejumlah polisi berupaya merampas paksa ban bekas milik mahasiswa yanga akan dibakar di tengah jalan.

Meski tak ada korban jiwa, sejumlah mahasiswa sempat terluka dalam bentrokan tersebut. (Ali/Yus)

Baca juga:

Pendaki Meninggal, Syarat Kesehatan Pendaki Semeru Diperketat
Pendaki Asal Bekasi Meninggal di Gunung Semeru
Malam Tahun Baru, Jumlah Pendaki Gunung Semeru Dibatasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya