[VIDEO] Warga Nekat Terobos Lahar Dingin Kelud

Puluhan warga Desa Pandansari, Malang, Jawa Timur, nekad menyebrangi Sungai Konto yang sedang dialiri lahar dingin Gunung Kelud.

oleh Liputan6 diperbarui 19 Feb 2014, 18:30 WIB
Diterbitkan 19 Feb 2014, 18:30 WIB
lahardingin-pandansari-150216c.jpg
Puluhan warga Desa Pandansari, Malang, Jawa Timur, nekat menyeberangi Sungai Konto yang sedang dialiri lahar dingin Gunung Kelud. Sementara di Jombang, lahar dingin Kelud memutus jalan jembatan dan merendam areal persawahan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (19/2/2014), lahar dingin Gunung Kelud mengalir dengan derasnya di Sungai Konto, Malang, Jawa Timur. Bahkan 2 jembatan penghubung antar-desa juga putus diterjang lahar dingin.

Namun kondisi ini tidak menyurutkan semangat warga Desa Pandansari yang akan kembali ke rumahnya untuk menyelamat harta benda mereka setelah erupsi Gunung Kelud.

Sejumlah anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) membantu warga untuk menyeberangi sungai dan membuat jalur penyaluran logistik karena terdapat beberapa desa yang terisolir.

Sementara di Jombang, Jawa Timur, derasnya lahar dingin gunung memutus jalan penghubung Kediri dan Jombang. Selain itu puluhan hektar areal persawahan juga dilumat lahar dingin. Puluhan warga secara swadaya mencoba memperbaiki jalan yang putus dengan tumpukan karung pasir. (Dan/Riz)

Baca juga:

Siap Dibuka, Pembersihan Abu Bandara Adi Soemarmo Hampir Kelar
[VIDEO] Banjir Lahar Dingin Kelud, Desa Pandansari Terisolir
Diprediksi Hujan Seminggu, Waspadai Banjir Lahar Dingin Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya