Terapis Berbagi Tips Memulihkan Diri Setelah Berkencan dengan Pasangan Sosiopat

Penelitian memperkirakan bahwa hingga 4 persen manusia memenuhi kriteria diagnostik sosiopat.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 09 Jun 2023, 16:05 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2023, 08:59 WIB
[Bintang] Ilustrasi Relationship
Berbahagialah dengan dia. Rasa cemburu, sakit hati dan kecewa ini biar aku yang menganggung, (Via: Crosswalk.com)

Liputan6.com, Jakarta Sosiopat adalah seseorang yang mengalami antisocial personality disorder (ASPD) yang biasa dikenal dengan sosiopati.

Lepas dari hubungan toxic adalah sebuah anugerah. Namun, terkadang bisa menimbulkan trauma yang dirasakan oleh beberapa orang. Salah satunya ketika sudah terlepas dari pasangan yang telah didiagnosa antisocial personality disorder (ASDP) atau dikenal sosiopat.

Penelitian memperkirakan bahwa hingga 4 persen manusia memenuhi kriteria diagnostik sosiopat. Itu berarti mereka telah terbukti secara konsisten memenuhi setidaknya tiga dari tujuh perilaku kriteria yang diuraikan dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-V) untuk ASPD, antara lain:

1. Kegagalan untuk mengikuti hukum atau norma sosial

2. Berulang kali berbohong atau menipu

3. Impulsif

4. Agresi dan lekas marah

5. Mengabaikan keselamatan mereka sendiri atau orang lain

6. Secara konsisten tidak bertanggung jawab

7. Kurangnya penyesalan karena menyakiti atau menganiaya orang lain.

“Seseorang harus memenuhi tiga atau lebih kriteria di atas untuk gangguan kepribadian antisosial agar dapat menerima diagnosis,” jelas psikoterapis Courtney Glashow seperti melansir Well and Good, Rabu (7/6/2023).

Jadi, mungkin saja seseorang secara konsisten memiliki beberapa sifat sosiopat tanpa memiliki kondisi yang dapat didiagnosis. Seseorang dengan kecenderungan sosiopat mungkin, misalnya, kurang empati terhadap orang lain, tetapi tetap menjadi individu yang taat hukum dan memiliki pekerjaan, katanya.

Berkencan dengan orang yang memiliki sejumlah sifat ini bisa sangat menyakitkan. Dan penyembuhan dari luka yang mereka tinggalkan membutuhkan belas kasihan diri, serta sistem pendukung yang baik.

Berkencan Dengan Sosiopat Bisa Membingungkan

Para ahli mengatakan bahwa adalah hal yang umum bagi orang dengan kecenderungan sosiopat untuk menggunakan sejumlah taktik manipulasi demi membungkus orang — terutama kekasih dan pasangan romantis.

Pada awalnya, sosiopat dan orang-orang dengan sifat-sifat itu biasanya menggunakan pencerminan atau bom cinta untuk membuat Anda merasa langsung terhubung. kepada mereka, kata terapis dan manajer konten klinis di Real Naiylah Warren.

“Dalam hubungan romantis, sulit untuk membedakan antara keintiman performatif—seperti keintiman yang diciptakan oleh mereka yang menyukai bom atau cermin—dan keintiman sejati,” jelasnya. Akibatnya, taktik ini sayangnya efektif membuat seseorang merasa seperti telah bertemu belahan jiwanya.

Dalam hubungan, seseorang dengan kecenderungan sosiopat mungkin menyulut Anda saat konflik muncul. “Adalah umum bagi orang-orang ini untuk menyoroti bahwa masalahnya dibuat-buat di kepala Anda, atau bahwa emosi Anda tidak didasarkan pada kenyataan,” kata Glashow.

Maksud seseorang dengan kecenderungan sosiopat di sini, katanya, bukanlah untuk menyelesaikan konflik apa pun yang muncul atau untuk menenangkan emosi Anda, melainkan untuk mengendalikan pasangannya. Seperti yang Anda duga, "seiring waktu, taktik ini membuat Anda meragukan perasaan, naluri, dan akhirnya pandangan Anda tentang realitas”, kata Warren.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanda Hubungan Sudah Tidak Sehat

Ilustrasi Pasangan Toxic Relationship (sumber: unsplash)
Ilustrasi Pasangan Toxic Relationship (sumber: unsplash)

Hubungan dengan seseorang dengan kecenderungan sosiopat kemungkinan besar tidak sehat, menurut Glashow. Hubungan yang sehat, katanya, ditandai dengan saling empati, saling menghormati, dan komunikasi terbuka. Ini adalah hal-hal yang tidak dapat disediakan oleh banyak orang dengan kecenderungan sosiopat.

Akibatnya, "Hubungan ini sering berakhir dengan perasaan sepihak, dan mengakibatkan orang tersebut tanpa kecenderungan ini dimanipulasi," katanya. Dalam situasi ekstrem, orang dengan kecenderungan sosiopat dapat menyalahgunakan pasangannya. "Jika Anda berkencan dengan seseorang dengan kecenderungan ini, kemungkinan besar Anda mengalami pelecehan emosional pada suatu saat dalam hubungan itu," tambah Glashow.

Sebanyak mungkin mencintai orang dengan kecenderungan sosiopat, Anda mungkin perlu meninggalkan hubungan ini, katanya. Dia menambahkan bahwa agar orang ini mengubah cara sosiopatnya, mereka perlu mendapatkan bantuan profesional untuk mendapatkan empati.

“Tidak ada cara yang benar atau salah untuk keluar dari hubungan dengan seseorang yang memiliki kecenderungan sosiopat,” kata Glashow. Namun, dia menyarankan untuk berkonsultasi dengan terapis kesehatan mental berlisensi yang dapat membantu Anda membuat rencana perpisahan berdasarkan situasi keuangan dan perumahan saat ini, serta kekhasan pasangan Anda.

Cara Memulihkan Diri Setelah Berkencan dengan Sosiopat

1. Carilah terapi jika Anda mampu

Jika Anda pernah menjalin hubungan dengan seseorang yang menunjukkan kecenderungan sosiopat dan belum menghubungi penyedia kesehatan mental, pertimbangkan untuk melakukannya secepatnya, saran Glashow. Anda idealnya menemukan penyedia yang berspesialisasi dalam hubungan, trauma, kesedihan, dan kekerasan dalam rumah tangga, kata Glashow.

Penyedia yang tepat akan dapat memvalidasi pengalaman, mengajari cara mengatasi dampak psikologis dari hubungan tersebut, dan membantu Anda membangun kembali kepercayaan pada orang lain serta kepercayaan pada diri sendiri, kata Warren.

Penyedia ini akan mengingatkan bahwa bukan salah Anda jika jatuh cinta pada kejahatan orang itu. Juga bukan salah anggota keluarga atau teman jika mereka tidak melihat ini datang. Lagi pula, orang dengan kecenderungan sosiopat adalah ahli manipulasi.

 

 


Tips Memulihkan Diri Dari Pasangan Sosiopat

Ilustrasi Relationship Female
Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

2. Bersandarlah pada sistem pendukung

Terjerat secara romantis dan/atau seksual dengan seseorang dengan kecenderungan sosiopat dapat membuat Anda merasa seperti hidup di planet lain. Warren mengatakan berbicara dan bersandar pada orang-orang dalam hidup Anda yang tidak memiliki kecenderungan ini dapat membantu membawa Anda kembali ke kenyataan. Ini adalah orang-orang yang telah berulang kali terbukti stabil, perlengkapan penuh kasih, katanya.

3. Terhubung dengan orang lain yang berada di perahu yang sama

Sayangnya, Anda bukanlah orang pertama yang mengalami luka di tangan seseorang dengan kecenderungan sosiopat. Setelah seluruh realitas Anda dipertanyakan, Glashow mengatakan menemukan orang lain melalui media sosial yang telah mengalami apa yang Anda alami dapat menstabilkan dan menenangkan untuk menegaskan kembali bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang pernah mengalami kehancuran ini.

Itu juga bisa membangkitkan kembali harapan, katanya. “Kemungkinan besar, Anda akan menemukan seseorang yang mampu keluar dari jenis hubungan ini dan tumbuh menjadi orang yang lebih baik setelah keluar dari hubungan tersebut.”

4. Didik diri sendiri

“Membaca tentang suatu topik selalu dapat membantu,” kata Glashow. Dan itu berdiri ketika topiknya adalah kecenderungan sosiopat dan gangguan kepribadian antisosial.

Mendidik diri sendiri tentang kecenderungan sosiopat dan gangguan kepribadian antisosial, "dapat memvalidasi apa yang Anda alami," katanya. “Ini dapat membantu Anda memahami bahwa mereka membutuhkan bantuan profesional, itu bukan salah Anda, dan juga bukan Anda yang mengubahnya.”

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya