Ketahui Bedanya Manikur Vs Pedikur Dalam Perawatan Kuku

Manikur adalah perawatan kecantikan kosmetik yang secara khusus berfokus pada tangan dan kuku.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 26 Agu 2023, 23:36 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2023, 23:36 WIB
Pedikur/boldsky
Pedikur/boldsky

Liputan6.com, Jakarta Manikur dan pedikur adalah perawatan yang paling disukai untuk menjaga kesehatan kuku. Tapi, mani-pedi lebih dari sekedar mempercantik penampilan luar. Tangan dan kaki adalah bagian tubuh kita yang paling sering diabaikan dan selalu terpapar kuman dan kotoran. Oleh karena itu, memberikan perhatian khusus dan perawatan ekstra pada bagian tubuh tertentu ini dapat mengurangi risiko kerusakan dan potensi infeksi jamur.

Apa Itu Manikur?

Dilansir dari Pinkvilla, Rabu (23/8/2023), manikur adalah perawatan kecantikan kosmetik yang secara khusus berfokus pada tangan dan kuku. Ini melibatkan berbagai prosedur dan teknik yang bertujuan untuk meningkatkan penampilan dan kesehatan kuku serta tangan secara keseluruhan. Ini biasanya mencakup pembentukan dan pengarsipan kuku, perawatan kutikula, pijatan tangan, dan pengaplikasian cat kuku. Beberapa manikur mungkin mencakup langkah-langkah tambahan seperti pengelupasan kulit, perawatan pelembab, dan seni kuku.

Apa Itu Pedikur?

Sementara itu, pedikur adalah perawatan kecantikan kosmetik yang berfokus pada kaki dan kuku kaki. Sama seperti manikur, pedikur membantu meningkatkan penampilan dan kesehatan kaki. Kaki Anda akan direndam dalam air hangat. Ini selanjutnya diikuti dengan pengelupasan kulit untuk mengangkat sel kulit mati. Kuku kemudian dipotong, dibentuk, dan dikikir, dan kutikula didorong ke belakang dan dirapikan. Selain itu, kulit keras dan tambalan kasar di bawah kaki dihilangkan dengan lembut. Pijat kaki sering kali disertakan untuk memberikan relaksasi dan meredakan ketegangan.

Secara keseluruhan, pedikur tidak hanya meningkatkan daya tarik estetika kaki tetapi juga membantu menjaga kebersihan kaki dan meningkatkan kesehatan kaki secara keseluruhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perbedaan Antara Manikur dan Pedikur

Ilustrasi
Ilustrasi perawatan pedikur. (dok. unsplash/runejohs)

1. Daerah yang Ditargetkan

Perbedaan utamanya terletak pada area fokusnya. Manikur sebagian besar difokuskan untuk mempercantik penampilan tangan dan kuku, sedangkan pedikur ditujukan untuk mempercantik kaki dan kuku kaki.

2. Panjang dan Bentuk Kuku

Secara umum, manikur melibatkan pembentukan dan pengikisan kuku sesuai panjang yang diinginkan, sedangkan pedikur cenderung fokus pada pemangkasan dan pembentukan kuku kaki untuk mencegah ketidaknyamanan dan meningkatkan kesehatan kaki.

3. Eksfoliasi Kulit

Pedikur sering kali mencakup pengelupasan kaki yang lebih luas untuk mengangkat sel kulit mati dan kapalan. Hal itu karena kaki mengalami lebih banyak tekanan dan gesekan dibandingkan dengan tangan. Sedangkan untuk manikur, beberapa alat khusus, dan teknik pemijatan digunakan untuk meningkatkan penampilan dan kesehatan tangan dan kuku. Manikur terutama digunakan untuk memoles tekstur kulit dan kuku Anda.

4. Tujuan

Meskipun manikur dan pedikur menawarkan manfaat serupa untuk perawatan dan relaksasi kuku, penekanan manikur adalah menjaga dan menyempurnakan penampilan tangan dan kuku. Di sisi lain, pedikur terutama berfokus pada perawatan dan kesehatan kaki dan kuku kaki. Tujuan pedikur lebih dari sekadar meningkatkan daya tarik. Ini terutama berfokus pada peningkatan kesehatan kaki, kebersihan, dan relaksasi.

 


Manfaat Manikur dan Pedikur

Pedikur/boldsky
Pedikur/boldsky

a. Mengurangi Kemungkinan Infeksi

Kutikula dipertahankan selama manikur dan pedikur yang membantu mencegah penumpukan kulit mati. Tidak hanya itu, tetapi juga membantu mengurangi kemungkinan infeksi bakteri atau jamur. Dengan memilih pedikur, Anda dapat secara efektif mencegah perkembangan kuku kaki yang tumbuh ke dalam dan infeksi terkait. Selama pedikur, kuku kaki Anda dipotong dengan hati-hati, dibersihkan, dan dipangkas dengan benar. Proses ini membantu menjaga bentuk dan panjang kuku yang benar, mengurangi kemungkinan kuku tumbuh ke dalam. Akibatnya, risiko kuku tumbuh ke dalam yang menyakitkan dan potensi infeksi diminimalkan secara signifikan.

b. Meningkatkan Aliran Darah dalam Tubuh

Teknik pijat yang digunakan selama perawatan ini dapat membantu menstimulasi aliran darah di bagian tubuh yang terabaikan. Selama mani-pedi, tekanan lembut dan gerakan menguleni pada otot dan jaringan diterapkan yang meningkatkan relaksasi dan mendorong sirkulasi darah ke seluruh area tubuh yang pada gilirannya menawarkan beberapa manfaat termasuk mengurangi ketegangan otot, meningkatkan mobilitas sendi, dan bahkan meminimalkan ketidaknyamanan atau nyeri.

c. Penampilan Kaki dan Tangan Lebih Muda Dan Segar

Perawatan ini merangsang sirkulasi darah yang sehat dan lebih baik dalam tubuh yang membantu mengencangkan otot, memperkuatnya, dan mengencangkan kulit. Dengan peningkatan sirkulasi, otot-otot di tangan dan kaki Anda menerima nutrisi dan oksigen yang cukup, sehingga meningkatkan kesehatan dan kekuatan otot secara keseluruhan. Selain itu, teknik pijat yang digunakan selama manikur dan pedikur dapat membantu merangsang produksi kolagen, sehingga mengurangi kekencangan kulit. Kulit Anda mungkin tampak lebih halus, kencang, dan kenyal, sementara otot menjadi sangat kencang dan segar.

d. Menjaga Kesehatan Kuku yang Baik

Berinvestasi secara teratur pada manikur dan pedikur membantu mengurangi risiko infeksi dan pertumbuhan jamur. Ini lebih lanjut memastikan kuku Anda tetap sehat dan bebas dari masalah kuku yang umum. Proses eksfoliasi efektif mengangkat sel kulit mati, memungkinkan sel baru beregenerasi. Ini mendorong pertumbuhan kuku yang lebih sehat dan memperkuat kuku, membuatnya tidak mudah patah atau rapuh. Selain itu, penggunaan pelembab dan produk bergizi selama perawatan ini membantu menghidrasi dan mengkondisikan kuku Anda, sehingga mencegahnya menjadi kering. Kuku yang terpelihara dengan baik dan bernutrisi cenderung tidak akan terkelupas, terkelupas, atau terbelah.

e. Penghilang Stres

Manikur dan pedikur menawarkan pengalaman relaksasi dan peremajaan bagi tubuh dan pikiran. Pijatan lembut, aroma yang menenangkan, dan lingkungan yang menenangkan menciptakan tempat perlindungan di mana Anda dapat bersantai dan melepaskan ketegangan. Jadi, kapan pun Anda merasa kewalahan atau membutuhkan pemulihan mental, manjakan diri Anda dan nikmati pengalaman terapeutik ini.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya