2015, Mobil Jalan Sendiri di London Bakal Jadi Pemandangan Biasa

Tak tanggung, dana total sebesar 10 juta poundsterling disiapkan untuk menguji reliabilitas teknologi tersebut di jalanan.

oleh Gesit Prayogi diperbarui 04 Agu 2014, 13:09 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2014, 13:09 WIB
Tahun Depan, Mobil Tanpa Sopir Sudah Berkeliaran di Inggris
Dana sebesar 10 juta poundsterling disiapkan untuk menguji teknologi tersebut di jalanan.

Liputan6.com, London - Tak hanya pabrikan otomotif yang terus melakukan penelitian dan pengembangan mobil tanpa sopir (self-driving). Nyatanya, pemerintahan lokal sejumlah negara maju juga telah memulai untuk mengkaji penerapan teknologi tersebut langsung di jalan.

Inggris misalnya, pemerintahan kota London tengah menggodok aturan resmi dari penerapan mobil yang berteknologi self-driving di jalan.

Dilansir dari Inautonews, Senin (4/8/2014), pemerintah Inggris akan mengumumkan sebuah aturan soal mobil berteknologi self-driving pada Januari 2015 nanti. Saat ini, aturan tersebut masih ditinjau guna memastikan jika semuanya berjalan sesuai hukum yang berlaku.

Adapun, pra-pengaplikasian mobil tanpa sopir itu akan melibatkan beberapa kota besar di Inggris. Alhasil, dana sebesar 10 juta poundsterling pun disiapkan untuk menguji teknologi tersebut di jalanan.

Vince Cable, Sekretaris Negara untuk Bisnis, Inovasi dan Keterampilan Inggris, menuturkan jika mobil tanpa sopir diharapkan akan mulai 'berkeliaran' sendiri di jalanan Inggris pada Januari 2015 mendatang. Dengan begitu, katanya, orang bisa santai di dalam mobil tanpa perlu terkuras energinya dengan duduk di balik kemudi.

Sementara itu, Menteri Keuangan Inggris, George Osborne, berjanji, akan menyiapkan aturan yang tepat. Pasalnya, negara asal Pangeran Charles itu ingin menunjukkan kepada dunia bahwa daratan Britania merupakan tempat yang tepat untuk memulai implementasi teknologi masa depan tersebut.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya