Ingin Terabas Banjir? Perhatikan Titik Aman Ini

Ketinggian filter udara menjadi titik maksimal mobil menerobos genangan.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 07 Des 2015, 20:15 WIB
Diterbitkan 07 Des 2015, 20:15 WIB
Parahnya Banjir di Kawasan Kelapa Gading
Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Minggu (8/2) lalu, mengakibatkan tingginya genangan air di kawasan Kelapa Gading. Tampak mobil dan delman berusaha menerobos banjir, Jakarta, Selasa (10/2/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Banjir adalah kondisi paling riskan bagi pengemudi. Jika asal terabas, alamat mobil berujung mati di tengah genangan.

Oleh karena itu, pemilik perlu mengetahui titik vital pada mobil. Hal ini bertujuan untuk mecegah mobil mati mendadak saat berjuang menerobos banjir.

Dijelaskan pereli nasional Rifat Sungkar, ketinggian filter udara menjadi titik maksimal mobil menerobos genangan. Jika air belum mencapai bibir filter, maka genangan aman dilewati.

"Menjelang musim hujan, lihat filter udara ada di mana. Pastikan posisinya karena itu ketinggian maksimal banjir yang bisa dilewati mobil," beber Rifat yang ditulis Senin (7/12/2015).

Lebih lanjut, fakta yang dijelaskan oleh Rifat ini mematahkan mitos sebelumnya. Adapun mitos yang berkembang di masyarakat mengatakan jika knalpot menjadi salah satu titik vital tempat dimana air bisa masuk ke mesin.

"Air masuk mesin dari filter udara. Jadi, air masuk lewat knalpot itu salah," tuntasnya.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya