Detail Ubahan Datsun GO dan Datsun GO+, Apa Saja?

Sejumlah ubahan terjadi pada new Datsun GO dan Datsun GO+, mulai dari eksterior, interior dan tambahan tranmisi CVT.

oleh Herdi Muhardi diperbarui 08 Mei 2018, 16:42 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2018, 16:42 WIB
Datsun GO
New Datsun GO akhirnya resmi meluncur dengan sejumlah ubahan. (Dok Datsun)

Liputan6.com, Jakarta - Datsun Indonesia meluncurkan New Datsun GO and New Datsun GO+ dengan ubahan pada eksterior dan interior. Bahkan hadir juga X-Tronic CVT (Continuously Variable Transmission).

Menurut Eiichi Koito, President Director PT Nissan Motor Indonesia kedua model terbaru ini mengkombinasikan desain yang segar, fitur-fitur modern dan teknologi mumpuni dalam kemasan harga yang tetap kompetitif.

“New Datsun GO dan new Datsun GO+ jawaban atas kebutuhan kaum muda Indonesia yang menginginkan mobil yang merefleksikan kepribadian mereka dengan penuh gaya,” klaim Eiicho saat peluncurannya di kawasan SCBD, Tangerang, Jakarta, Senin (8/2/2018).

Salah satu yang paling beda adalah keberadaan teknologi X-Tronic CVT. Hanya saja model ini cuma disematkan pada Datsun GO hatchback. Sedangkan untuk model Datsun GO+ yang menganut kapasitas 5+2 tidak ada transmisi matik atau CVT. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Eksterior

New Datsun GO
New Datsun GO mengalami ubahan pada bagian depan mulai dari grille, bamper dan tambahan lampu LED daytime running light. (Herdi Muhardi)

Secara umum baik new Datsun GO dan new Datsun GO+ ini mengalami ubahan yang sama pada eksterior, seperti bumper depan dan belakang baru, serta tambahan aero kits baru.

Kedua model dilengkapi dengan grill depan heksagonal yang dikelilingi krom, serta ukurannya lebih lebar dan lebih tegak dari sebelumnya.

Selain itu, kedua model anyar ini telah dilengkapi dengan lampu depan berdesain baru dengan tambahan LED daytime running light. Bahkan cover spion luar ditambahkan lampu sein.

Di bagian belakang, sistem external lock telah ditambahkan untuk memungkinkan pintu dibuka menggunakan kunci dari luar tanpa harus menarik tuas dari dalam kabin.

Kaki-kaki dua model ini telah dilengkapi pelek lebih besar berukuran 14 inci.

Untuk memberikan pilihan, new Datsun GO hadir dalam lima pilihan warna, serta enam pilihan warna untuk new Datsun GO+.

 


Interior

Datsun GO
Kabin Datsun GO (Herdi Muhardi)

Seperti disebutkan sebelumnya, untuk new Datsun GO hatchback telah dilengkapi X-Tronic  CVT. Teknologi ini sebelumnya pernah diperkenalkan pada Datsun Cross.

Penggunaan CVT membuat akselerasi lebih mulus serta irit dalam hal bahan bakar, namun diklaim tetap memberikan performa lebih baik, lebih ringan dan lebih gesit dibanding gearbox otomatis biasa. 

Kedua model terbaru dari Datsun ini pada bagian interior menghadirkan dua kombinasi warna, hitam dan beige untuk new Datsun GO+, serta aksen hitam dan silver untuk ventilasi AC pada new Datsun GO.

Di bagian dasbor kedua mobil ini sudah tersedia tempat penyimpanan glove box dan ruang untuk menaruh barang-barang kecil di kedua sisi kemudi. Glove box berkapasitas 9,5 liter, dan cukup menampung dua botol air minum berukuran 750 ml.

Trim pintu memiliki kantong penyimpanan lebih besar dan dapat memuat botol berukuran satu liter dan 600 ml bersamaan, serta memiliki soket charger untuk perangkat mobile.

Tak lupa sistem hiburan mobil ini dilengkapi layar sentuh 2DIN berukuran 6,75 inci yang terkoneksi dengan MP3, USB, AUX, Bluetooth, dan Smartphone bersistem iOS maupun Android. Antena radio yang terpasang di atap memungkinkan penerimaan sinyal AM dan FM lebih baik.

Fitur-fitur lainnya pada mobil ini meliputi power window di bagian belakang dan spion dengan lampu sein yang dapat diatur secara elektrik.

Kursi bagian tengah dapat dilipat secara menyeluruh untuk memberi lebih banyak ruang.

Selain itu ada juga fitur lainnya seperti autoheadlights, follow-me-home system, front wiper with intelligent wiping system dan high response linear suspension.

 

 


Mesin

New Datsun GO dan new Datsun GO+ masih mengusung mesin  1,2 liter tiga silinder yang mampu menghasilkan daya 67 Tk. Sedangkan untuk transmisi CVT daya yang dimuntahkan lebih besar yaitu mencapai 78 Tk.

Datsun GO dan Datsun GO+ terbaru diklaim telah mengalami perubahan sasis, meliputi peredam benturan sehingga dapat memberikan reaksi lebih linear pada kondisi jalan yang kurang baik, sehingga berkendara menjadi menyenangkan.

Selain itu, sistem suspensi belakang dengan twist beam digunakan tidak hanya untuk memberikan kendali dan kenyamanan berkendara yang sangat baik, namun juga karena dimensinya yang lebih ringkas dan tidak mengganggu ruang di bagian lantai mobil, sehingga memberikan ruang bagi kaki penumpang di barisan kursi ketiga di new Datsun GO+.

Kedua model dilengkapi lebih banyak insulasi sehingga kabin menjadi lebih senyap selama berkendara. 

 


Fitur Keselamatan

Tak lupa kedua mobil ini dilengkapi fitur keselamatan seperti sabuk keselamatan akan membantu memastikan pengendara dan penumpang tidak lupa untuk memasang sabuk sebelum memulai perjalanan.

Ada juga wash jet bertekanan tinggi dan wiper belakang berfungsi memperjelas penglihatan meski di tengah cuaca yang buruk.

Remote keyless yang terintegrasi menambah kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan. Immobilizer menjaga keamanan kendaraan di setiap kondisi.

New Datsun GO tersedia dalam pilihan manual empat varian D,A, T, dan T Active dan CVT  ada tiga varian: A, T, dan T active. Sedangkan, new Datsun GO+ menawarkan transmisi manual dalam varian D, A, T dan T Style.


Daftar Harga

Nah berikut ini daftar harga new Datsun GO+ Panca dan new Datsun GO hatchback berstatus on the road Jakarta.

Datsun GO+ Panca

- 1.2 D M/T Rp 112,38 juta

- 1.2 A M/T Rp 119,99 juta

- 1.2 T M/T Rp 128,99 juta

- 1.2 T Style M/T Rp 133,99 juta

Datsun GO Hatchback

- 1.2 D M/T Rp 102,99 juta

- 1.2 A M/T Rp 110,99 juta

- 1.2 A CVT Rp 126,49 juta

- 1.2 T M/T Rp 122,99 juta

- 1.2 T CVT Rp 138,49 juta

- 1.2 T Active M/T Rp 126,69 juta

- 1.2 T Active CVT Rp 142,19 juta

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya