Mengintip Spesifikasi Toyota Innova Bermesin 2,8 Liter

Toyota Kijang Innova merupakan MPV legendaris yang dimiliki oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Terdapat dua pilihan varian yang bisa dipilih konsumen, yaitu Toyota Kijang Innova dan Toyota Innova Venturer.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Jun 2022, 13:04 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2022, 13:04 WIB
20151117-Mengintip Proses Perakitan All New Kijang Innova di Pabrik Toyota TMMIN-Karawang
Foto yang diambil pada 16 November 2015 memperlihatkan pekerja tengah menyelesaikan produksi All News Kijang Innova di Pabrik TMMIN Karawang. Mobil baru tersebut akan memberi warna baru pada perkembangan pasar MPV dalam negeri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Kijang Innova merupakan MPV legendaris yang dimiliki oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Terdapat dua pilihan varian yang bisa dipilih konsumen, yaitu Toyota Kijang Innova dan Toyota Innova Venturer.

Toyota Kijang Innova mempunyai tampilan khas Innova Reborn yang sudah digunakan sejak tahun 2015. Namun pada tahun 2020, Kijang Innova menerima facelift yang mendapatkan ubahan ringan di sektor tampilan dan beberapa penambahan fitur.

Sementara Toyota Innova Venturer diposisikan sebagai versi termahal dari lini model Innova. Mobil ini disematkan paket fitur lengkap, seperti 7 airbags dan captain seat, sekaligus mempunyai tampilan yang lebih sporti.

Toyota Innova juga dijual di berbagai negara di luar Indonesia. Salah satunya adalah Flipina yang belum lama ini mendapatkan penyegaran untuk Toyota Innova di sana. Dengan adanya improvement, apa bedanya dengan Innova di Indonesia?

Melalui pembaruan tersebut, Toyota Innova di Filipina sudah mengusung tampilan terbaru Innova seperti di tanah air. Mobil tersebut mendapatkan desain bumper depan baru, grill berbentuk trapesium, lampu sein berbentuk segi-tiga dan lampu kabut LED kecil.

Selebihnya eksterior Toyota Innova di Filipina mirip dengan Kijang Innova di Indonesia. Yang berbeda adalah pelek lima palang seperti kepunyaan Kijang Innova Q yang sudah tidak lagi dijual di Indonesia.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Interior

Namun di Filipina tidak tersedia versi Venturer yang mendapatkan tampilan dan beberapa fitur yang berbeda.

Sisi interior mobil keluarga ini juga tidak memiliki perbedaan signifikan dengan versi lokal di Indonesia. Toyota Innova ini masih menggunakan desain basis dan konfigurasi tempat duduk yang sama.

Perbedaan di sisi interior hanya terletak di penggunaan warna coklat dan hitam, serta panel kayu di dasbor dibuat lebih gelap. Sementara letak panel AC, speedometer dengan MID dan desain andalan Innova lainnya masih sama seperti versi lokal.

Sisi keselamatan Toyota Innova di Filipina kurang lebih sama seperti Venturer di Indonesia. Mobil sudah dilengkapi ABS, EBD, Hill Start Assist (HSA), 7 airbags, dan sensor parkir di depan dan belakang.

Namun peranti keselamatan aktif seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) belum dipasangkan.

 

 


Performa

Perbedaan utama terletak pada sektor performa. Innova ini disematkan mesin 2.800cc 1GD-FTV diesel turbo seperti kepunyaan Toyota Fortuner 2.8 di Indonesia. Yang berbeda adalah output tenaga yang dihasilkan, yakni 174 PS dan torsi 360 Nm.

Sementara Innova di Indonesia bisa dipinang dengan pilihan mesin. Pertama adalah mesin 2.000cc 1TR-FE naturally aspirated bensin dengan semburan tenaga 139 PS dan torsi 183,4 Nm. Lalu kedua adalah mesin 2.400cc 2GD-FTV yang menghasilkan output 149 PS dengan torsi puncak 360 Nm.

Sistem penggerak roda dan pilihan transmisi tetap sama seperti Toyota Innova pada umumnya. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui transmisi manual 5 percepatan atau girboks otomatis 6 percepatan.

Toyota Innova di Filipina dijual 1.186.000 PHP atau Rp 323,7 juta (dengan kurs 1 PHP = Rp 272,93) untuk tipe terendah Innova J bertransmisi manual. Sedangkan varian termahal Innova V dengan girboks otomatis dibanderol 1.774.000 PHP atau Rp 484,2 juta.

Sebagai patokan Toyota Kijang Innova di Indonesia dijual mulai dari Rp 359,8 juta, hingga Rp 517,6 juta untuk model termahal Innova Venturer.

Sumber:Otosia.com

Infografis Waspada Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Waspada Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya