NMax Listrik Muncul di PEVS 2022, Tarikannya Enteng dan Bisa Mundur

Ada NMax listrik di arena PEVS 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Tapi jangan salah sangka dulu, ini bukan NMax versi listrik melainkan hanya desainnya saja yang mirip dengan generasi pertama skutik andalan Yamaha tersebut.

oleh Septian Pamungkas diperbarui 25 Jul 2022, 00:08 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2022, 06:16 WIB
Rakata NX3
Tampilan Rakata NX3 mirip dengan NMax. (Septian/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Ada NMax listrik di arena PEVS 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Tapi jangan salah sangka dulu, ini bukan NMax versi listrik melainkan hanya desainnya saja yang mirip dengan generasi pertama skutik andalan Yamaha tersebut.

Namanya Rakata NX3 dan dipasarkan oleh PT Artas Rakata Indonesia (Rakata Motorcycle). Secara tampilan, kendaraan listrik ini nyaris serupa dengan old NMax, mulai dari bodi hingga lampu belakangnya.

Sementara bodi depan dan cover lampu utama mirip dengan body kit produk aftermarket yang banyak beredar di pasaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Rakata NX3
Panel meter Rakata NX3 mirip NMax. (Septian/Liputan6.com)

Tampilan panel meternya pun tak jauh berbeda dengan NMax asli, hanya saja informasi yang disuguhkan disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan listrik, yakni terdapat info kondisi baterai, voltase, dan mode kecepatan.

Ukuran roda depan sama dengan NMax asli yang menggunakan ring 13, sementara pelek belakang menggunakan ukuran 12 inci. Secara bobot, NX3 tergolong ringan ketimbang versi aslinya.

Rakata NX3
Baterai Rakata NX3 tersimpan di bagasi. (Septian/Liputan6.com)

Ruang bagasi NX3 tak mampu menampung helm full face seperti halnya NMax karena di dalamnya terdapat baterai. Sementara kontroler motor listrik ditempatkan di kolong dek tengah atau posisi tangki bensin NMax.

Liputan6.com sempat menjajal skutik listrik ini di area test ride PEVS 2022. Posisi berkendaranya mirip-mirip dengan NMax. Lalu bagaimana rasanya saat dikendarai?

 


Impresi

Rakata NX3
Riding position Rakata NX3 mirip dengan NMax. (Septian/Liputan6.com)

Perlu diketahui, skutik bertenaga setrum itu dibekali baterai berkapasitas 72V26Ah dengan motor penggerak 2000w Brushless Rear Motor.

Seperti motor listrik pada umumnya, saat tuas gas dipelintir tenaga instan langsung terasa menyentak. Motor ini juga dilengkapi dengan mode kecepatan yang bisa diatur melalui tombol yang berada dekat handle gas.

Rakata NX3
Tenaga motor listrik Rakata NX3 cukup responsif. (Septian/Liputan6.com)

Menariknya, motor ini juga bisa berjalan mundur. Caranya dengan menekan tombol 'R' yang terintegrasi dengan tombol klakson, lalu dibarengi dengan memutar gas. Namun harus hati-hati karena responsnya begitu instan.

 

Rakata NX3
Tombol pengaturan pada Rakata NX3. (Septian/Liputan6.com)

Karena saat mencoba di ruangan yang terbatas, kami tidak dapat merasakan top speed motor listrik seharga Rp 41,1 juta ini.

Namun diklaim kecepatan puncaknya 80 km/jam. Sementara daya jelajah saat baterai terisi penuh bisa menjangkau 80 km.

infografis motor listrik
motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai (liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya