Jajal Vespa GTS 150 Classic di Jalur Perkotaan, Bodi Gambot tapi Enak Buat Selap-selip

PT Piaggio Indonesia telah resmi meluncurkan Vespa GTS baru, dengan serangkaian teknis untuk memastikan keselamatan kendaraan dan kenyamanan, disertai sentuhan yang khas pada detail gaya

oleh Arief Aszhari diperbarui 17 Jun 2023, 20:12 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2023, 20:12 WIB
Jajal Vespa GTS 150 Classic di Jalur Perkotaan, Bodi Gambot Enak Diajak Nyelip (ist)
Jajal Vespa GTS 150 Classic di Jalur Perkotaan, Bodi Gambot Enak Diajak Nyelip (ist)

Liputan6.com, Jakarta - PT Piaggio Indonesia resmi meluncurkan Vespa GTS baru dengan serangkaian penyegaran teknis untuk memastikan keselamatan kendaraan dan kenyamanan, disertai sentuhan yang khas pada detail gaya. Model baru dari pabrikan asal Italia ini, hadir dalam tiga varian, yaitu Classic, Super Sport, dan Super Tech.

Setelah peluncuran, PT Piaggio Indonesia kemudian mengajak beberapa jurnalis otomotif nasional untuk mengetes model terbarunya tersebut.

Dalam kesempatan test ride tersebut, Liputan6.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba GTS Classic dengan mesin 150cc.

Rute pengetesan yang diambil hanya di sekitaran Jakarta. Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya dari Walking Drum Cafe, Kebayoran Baru kemudian menuju Senayan, Palmerah, dan kembali ke Waling Drum Cafe.

Sebelum berkendara, kami mencoba mencari posisi berkendara yang nyaman. Tidak terlalu sulit, jok cukup tebal tapi rilek, dengan posisi kaki yang agak terbuka. Jarak dudukan dengan setang tidak terlalu jauh.

Berbicara dimensi Vespa GTS Classic, memiliki panjang 1.980 mm, lebar 795 mm, jarak sumbu roda 1.385 mm dan ketinggian jok 790 mm. Sementara tinggi awak Liputan6.com kurang lebih 175 cm.

Setelah mendaatkan posisi berkendara yang nyaman, giliran mencoba performa Vespa GTS Classic ini.


Performa

Jajal Vespa GTS 150 Classic di Jalur Perkotaan, Bodi Gambot Enak Diajak Nyelip (ist)
Jajal Vespa GTS 150 Classic di Jalur Perkotaan, Bodi Gambot Enak Diajak Nyelip (ist)

Vespa GTS 150 Classic dan GTS Super Sport 150 tetap dipersenjatai mesin Piaggio iGet 155 cc, bertenaga 14 dk di 8.250 rpm dan torsi 13,5 Nm.

Meskipun memiliki struktur mesin yang sama, tapi pabrikan memberi penyempurnaan pada komponen camshaft, sistem injeksi, ECU dan tuning pada ruang bakar.

Ketika menarik gas, tenaga yang dihasilkan cukup responsif, mulai dari putaran bawah hingga tengah.

Tapi, ketika dari tengah ke atas mulai dirasakan terasa agak berat. Terlebih ketika dicoba saat trek lurus di jalanan yang dilewati dalam pengetesan ini.

Namun, untuk skuter dengan mesin 150 cc performa Vespa GTS Classic ini sudah cukup, terlebih dengan hanya penggunaan mobilitas sehari-hari di perkotaan.

Nah, berbicara penggunaan di perkotaan, meskipun memiliki bodi yang cukup gambot, skuter ini cukup enak diajak meliuk-liuk. handling dari skuter ini sangat mudah, melewati kondisi lalu lintas yang cukup ramai kendaraan.

Sebagai informasi, dari segi eksterior Vespa GTS 2023 dilengkapi lampu LED, mulai dari lampu daytime running light (DRL), lampu penunjuk arah di bagian depan, lampu utama serta kluster cahaya di bagian belakang.

Tidak hanya itu, lampu penunjuk arah LED di bagian belakang juga mengalami perubahan ukuran. Jajaran Vespa GTS baru kini semakin terlihat clean, mulai dari bagian depan kendaraan di mana terdapat kemudi didesain ulang dengan ujung yang lebih kecil, begitu pula dengan kaca spion yang baru.

Vespa GTS terbaru ini juga dilengkapi dengan sistem keyless yang mengganti saklar starter.

Menyoal harga, Vespa GTS Classic dibanderol Rp 78,8 juta, Super Sport Rp 84,5 juta, dan Super Tech Rp 163,5 juta. Harga tersebut berstatus on the road (OTR) Jadetabek.

Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal
Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya