Berkunjung ke Sakichi Toyoda Memorial House, Rumah Peninggalan Ayah Pendiri Toyota

Baru-baru ini, Liputan6.com berkesempatan untuk mengunjungi Sakichi Toyoda Memorial House untuk melihat langsung peninggalan-peninggalan Sakichi Toyoda yang merupakan ayah pendiri brand Toyota.

oleh Septian Pamungkas diperbarui 02 Nov 2023, 16:47 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2023, 16:47 WIB
Sakichi Toyoda
Tampak depan Sakichi Toyoda Memorial House di Kosai, Jepang. (Septian/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Toyota telah menjelma menjadi raksasa otomotif dunia. Namun siapa sangka, ada campur tangan alat tenun di balik kesuksesannya. Ya, Kiichiro Toyoda sebagai pendiri brand Toyota merupakan anak dari pencipta alat tenun sukses, yakni Sakichi Toyoda.

Dan baru-baru ini, Liputan6.com berkesempatan untuk mengunjungi Sakichi Toyoda Memorial House sebagai bagian dari rangkaian acara Japan Mobility Show Toyota Indonesia Media Tour. Di sini kami melihat langsung peninggalan-peninggalan Sakichi Toyoda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sakichi Toyoda
Patung monumen Sakichi Toyoda berada di sebelah kiri pintu masuk. Monumen ini dikelilingi tanaman hias yang sangat terawat. (Septian/Liputan6.com)

Sakichi Toyoda Memorial House sengaja dibuat untuk mengenang perjalanan hidup Sakichi Toyoda. Lokasinya berada di Yamaguchi, Kosai, Shizuoka, Jepang.

Sakichi Toyoda sendiri lahir di Kosai City pada 14 Februari 1867. Ia terlahir dari seorang ayah yang merupakan pengerajin kayu.

Sakichi Toyoda
Replika alat tenun yang pertama kali diciptakan Sakichi Toyoda. (Septian/Liputan6.com)

Saat beranjak remaja, Sakichi mulai tertarik dengan alat tenun. Ia pun mengurung diri untuk belajar, membuat penelitian, melakukan percobaan, hingga akhirnya terciptalah sebuah alat tenun canggih.

Adapun alat tenun yang Sakichi ciptakan dilengkapi dengan mekanisme yang berhenti secara otomatis ketika talinya putus. Ini menarik karena pada zaman itu belum ada kendali elektronik.

Sakichi Toyoda
Alat tenun penemuan pertama Sakichi Toyoda yang dibuat pada 1890. (Septian/Liputan6.com)

Kemudian, penemuan penting lainnya adalah shuttle (benang horizontal) yang secara otomatis mengisi ulang dengan benang baru tanpa berhenti tepat sebelum benang lama habis.

Penemuannya ini membuat proses menenun dapat berjalan dengan sangat efektif dan meningkatkan produktivitas.

 

Sakichi Toyoda
Mesin tenun otomatis yang diciptakan Sakichi Toyoda. (Septian/Liputan6.com)

Peninggalan yang Dipamerkan

Sakichi Toyoda Memorial House sendiri terasa asri dan sejuk karena dikelilingi hutan cemara Jepang. Di sini, terdapat rumah masa kecil Sakichi Toyoda serta ruang pamer yang di dalamnya terdapat alat tenun ciptaan Sakichi.

Lalu terdapat pula ruangan replika yang menjadi tempat persembunyian Sakichi saat menciptakan alat tenun. Beberapa barang peninggalan lainnya juga tersimpan rapi di sini.

Menariknya, terdapat bukit kecil di mana Anda dapat menikmati pemandangan Danau Hamana dari atas. Jika cuaca cerah, Gunung Fuji juga bisa dinikmati dari sini.

Berikut daftar memorabilia yang dipajang di Sakichi Toyoda Memorial House:

- Toyoda Wooden Hand Loom (1890)

- Winding Machine (1894)

- Japan's First Power Loom (1896)

- Automatic Loom (1924)

- Sertifikat Sekolah Dasar

- Sertifikat Patent (Jepang, Amerika Serikat, Jerman, Italia, dan Prancis)

- Ilustrasi penemuan alat tenun Sakichi

- Ilustrasi yang menampilkan kehidupan Sakichi- Buku biografi Sakichi Toyoda, serta buku-buku lainnya.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya