Wuling Starlight S Bakal Debut Agustus 2024

Perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling (SGMW) baru-baru ini telah merilis lebih banyak gambar eksterior dan interior Starlight S

oleh Arief Aszhari diperbarui 26 Jun 2024, 08:11 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2024, 08:11 WIB
Wuling Starlight S Bakal Debut Agustus 2024 (Carnewschina)
Wuling Starlight S Bakal Debut Agustus 2024 (Carnewschina)

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling (SGMW) baru-baru ini telah merilis lebih banyak gambar eksterior dan interior Starlight S. Model ini, adalah sebuah SUV berkapasitas besar dan akan tersedia dalam varian BEV dan juga PHEV.

Disitat dari Carnewschina, peluncuran Wuling Starlight S ini, akan dilakukan pada Agustus 2024. Wuling Starlight S adalah model kedua yang didasarkan pada platform Tianyu D SGMW. Mobil tersebut telah memperoleh izin penjualan dari regulator Tiongkok.

Sementara itu, berdasarkan spesifikasinya, bagian depan Wuling Starlight S menggunakan bahasa desain keluarga Starlight, yang menampilkan grill tertutup dan lampu depan berbentuk 7 sayap bintang.

Sedangkan powertrain varian PHEV, akan berasal dari sistem hybrid plug-in Lingxi SGMW yang terdiri dari mesin 1,5 liter naturally aspirated dan motor listrik. Mesinnya memiliki tenaga maksimum 78 kW.

Dua pilihan paket baterai akan tersedia dengan kapasitas 9,5 kWh dan 20,5 kWh, sesuai dengan jangkauan listrik murni masing-masing 43 km dan 90 km.

Selanjutnya, trim BEV pada Wuling Starlight S akan ditenagai oleh motor listrik 150 kW dan paket baterai lithium iron phosphate. Namun, detail powertrain dan jangkauan lainnya belum diumumkan saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wuling Siap Produksi MPV Listrik 7 Penumpang di Indonesia

Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia terus bergerak dengan cepat. Pemerintah, bahkan memberikan segala fasilitas, salah satunya insentif agar banyak pabrikan dunia tertarik untuk berinvestasi di Tanah Air, melakukan produksi roda empat ramah lingkungan di dalam negeri.

Salah satu yang didorong untuk menambah investasi, adalah SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd. Bahkan, pabrikan asal Cina ini, juga didorong untuk menjadikan Indonesia, sebagai basis produksi dan ekspor kendaraan listriknya.

Hal tersebut, disampaikan oleh Menteri perindustrian, Agus Gumiwang kartasasmita, saat mengunjungi Cina, beberapa waktu lalu dan bertemu dengan 4 pabrikan asal Tiongkok, termasuk SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd

Dijelaskan President Director PT SGMW Motor Indonesia, Shi Guoyong, selama tujuh tahun beroperasinya perusahaan di Indonesia hingga saat ini, investasi Wuling di Indonesia mencapai lebih dari US$ 700 juta dan telah menjangkau sekitar 130.000 pembeli, serta melakukan ekspor ke Thailand.

"Wuling juga merupakan pabrik pertama yang dapat memproduksi mobil listrik dan mencapai Tingkat Komponen Dalam Negeri sebesar 40% pertama di Indonesia," jelas Shi, dalam keterangan resmi, Rabu (19/6/2024).


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya