Innova dan Avanza Jadi Andalan, Penjualan Toyota Melonjak 11 Persen di GIIAS 2024

PT Toyota Astra Motor (TAM) mampu mencatatkan penjualan yang cukup positif, selama delapan hari gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

oleh Arief Aszhari diperbarui 28 Jul 2024, 15:10 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 15:10 WIB
Toyota Buka Pesanan Hilux Rangga di GIIAS 2024, Ini Perkiraan Harganya (Arief A/Liputan6)
Toyota Buka Pesanan Hilux Rangga di GIIAS 2024, Ini Perkiraan Harganya (Arief A/Liputan6)

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) mampu mencatatkan penjualan yang cukup positif, selama delapan hari gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Model seperti Innova, Avanza, dan juga Veloz jadi tulang punggung jenama asal Jepang tersebut, di pameran otomotif yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang ini.

Dijelaskan Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, Toyota mampu menjual sebanyak 4.245 unit atau naik 11 persen dibandingkan penyelenggaraan GIIAS tahun lalu.

"Produk elektrifikasi, seperti Innova Zenix hybrid mendapat responS positif, dengan penjualan 80 persen dari total Innova Zenix yang terjual," tegas Anton, saat ditemui di booth Toyota, Sabtu (27/7/2024).

Selain penjualan, permintaan untuk test drive model Toyota di GIIAS 2024 juga mengalami kenaikan sebesar 20 persen.

"Jadi test drive tahun ini juga meningkat, dan ini juga saya rasa sangat positif," ucap Anton.

Sementara itu, untuk penjualan mobil niaga terbaru Toyota, yaitu Rangga memang belum diberikan angka detailnya. Pasalnya, model ini memang baru dibuka untuk pre-booking, dan belum surat pemesanan kendaraan (SPK).

"Saya detailnya belum dapet persis, tapi kalau saya denger paling banyak diesel. Jadi, dibandingkan bensin, diesel lebih tinggi. Diesel MT ya, tapi diesel AT juga banyak sih," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penjualan Elektrifikasi Toyota Melesat 74% pada Semester I/2024

Sementara itu, penjualan elektrifikasi Toyota di Indonesia terus mengalami pertumbuhan signifikan. Bahkan, pada semester I 2024 saja, peningkatannya dibanding periode yang sama 2023 sudah lebih dari 50 persen.

Secara detail, PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil menjual sebanyak 19.158 unit, pada Januari hingga Juni 2024. Jumlah tersebut, naik sebanyak 45,8 persen dari total penjualan kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

"Pangsa pasar Toyota juga naik 1,5 persen menjadi 32,9 persen pada semester I 2024, dan kondisi ini di tengah pasar otomotif yang melambat," kata Resha Kusuma Atmaja, Marketing Planning Division Head PT TAM, saat diskusi bersama Indonesia Center of Mobility Studies (ICMS), di ICE BSD Tangerang, Selasa (24/7/2024).

Saat ini, Toyota dan Lexus telah memiliki 21 model elektrifikasi, baik dari hybrid (HEV), PHEV, BEV, hidrogen atau FCEV.

Tidak hanya terkait produk, raksasa otomotif asal Jepang ini, juga telah menyediakan 115 titik charging station, termasuk 7 titik ultra fast charging di diler maupun area publik di seluruh Indonesia.

"Dengan beragam pilihan kendaraan ramah lingkungan, masyarakat bisa lebih mudah berkontribusi mengurangi emisi karbon di sektor transportasi," ia memungkaskan.

infografis Mobil Kepresidenan
Mobil Kepresidenan di Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya