Audi E-Tron GT Terbakar di Dalam Dealer

Mobil Audi E-tron GT terbakar dengan posisi di atas lift parking di dalam dealer. Kondisi itu membuat petugas pemadam alami kesulitan dalam memadamkan api.

oleh Rendy Yansah diperbarui 23 Sep 2024, 12:22 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2024, 12:22 WIB
Mobil Audi E-Tron GT
Mobil Audi E-Tron GT berhasil diturunkan dari lift parking usai mengalami kebakaran. (carscoops)

Liputan6.com, Jakarta - Mobil Audi E-Tron GT mengalami kebakaran di dalam dealer di Indiana, Amerika Serikat. Mobil tersebut sulit dipadamkan petugas pemadam, karena posisinya berada di lift parking. 

Disitat dari Carscoops, Departemen Pemadam Kebakaran Carmel menjelaskan di media sosial, di akhir pekan alarm kebakaran berbunyi di sebuah dealer lokal. Alat pemadam otomatis berfungsi dengan baik, membantu petugas pemadam menaklukan si jago merah. 

Kondisi di dalam dealer dipenuhi asap tebal, membuat jarak pandang petugas pemadam terhalang. Dalam kejadian itu, damkar hampir berhasil memadamkan total sumber api kebakaran.

Namun, karena mobil itu menggunakan baterai lithium-ion, sehingga sulit dipadamkan karena bahan baterai yang mengandung thermal runaway.

Kandungan baterai lithium-ion sangat sensitif dengan suhu panas. Pasalnya, jika terkena suhu panas, internal baterai bisa menghasilkan panas itu sendiri. Kemungkinan jika mobil sudah padam, baterai tersebut bisa meledak dan memicu kembali kebakaran. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kondisi Mobil Audi E-Tron GT yang Terbakar

Mobil Audi E-Tron GT
Usai dipadamkan Mobil Audi E-Tron GT akan dibawa menggunakan truk pickup ke sebuah rongsokan kendaraan. (Carscoops)

Petugas damkar sempat kesulitan memadamkan api. Karena kondisi mobil Audi yang barada di lift parking. Namun tak berselang lama mobil buatan Jerman itu berhasil diturunkan berkat bantuan petugas dan didukung dengan forklift. Keberhasilan itu ternyata tidak semudah yang diperkirakan. Dibutuhkan banyak petugas dan persediaan air yang banyak untuk memadamkan mobil tersebut. 

Begitu keluar, Audi dibawa menggunakan truk pick up dan di kawal ke salvage yard atau tempat pembongkaran kendaraan. Tak perlu dijelaskan kondisinya, mobil itu telah mengalami kerusakan parah.

Imbas kebakaran, nampaknya diler tidak mengalami kerusakan berat. Hanya saja mengalami basah akibat pemadaman dan berasap di seluruh ruangan. 

Insiden kebakaran ini belum diketahui penyebabnya, tetapi mobil Audi E-Tron GT akan mengalami penarikan akibat masalah tersebut. Bicara penarikan, sebelumnya E- Tron GT sudah pernah mengalaminya pada maret lalu. Sebanyak 1.042 Audi ditarik akibat baterai bertegangan tinggi dan khawatir menyebabkan korsleting dan berujung kebakaran. 

INFOGRAFIS: All New Ertiga Suzuki yang Tampil Lebih Agresif dan Sporty
All New Ertiga Suzuki Sporty, mobil kebanggaan keluarga berjiwa sporty.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya