Pasar Turun, Gaikindo Revisi Target Penjualan Mobil 2024 Jadi 850 Ribu Unit

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melakukan revisi target penjualan dari 1,1 juta unit menjadi 850 ribu unit pada 2024 ini

oleh Arief Aszhari diperbarui 28 Okt 2024, 12:02 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2024, 12:02 WIB
Resmi Dibuka, Pengunjung Padati Pameran Otomotif GIIAS 2024
Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 akan berlangsung hingga 28 Juli 2024. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Pasar mobil di Indonesia pada tahun ini mengalami penurunan yang cukup signifikan. Bahkan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sampai melakukan revisi target penjualan dari 1,1 juta unit menjadi 850 ribu unit pada 2024 ini.

Dijelaskan Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, kondisi pasar otomotif, khususnya kendaraan roda empat sepanjang tahun masih berjalan lambat. Hal tersebutlah, yang mendasari Gaikindo untuk melakukan revisi target penjualan mobil.

"Ya, memang angka-angka penjualan kan tidak bisa meningkat signifikan. Ini (revisi target) kesepakatan dengan anggota Gaikindo," ujar Jongkie, dalam keterangannya, ditulis Senin (28/10/2024).

Sementara itu, jika melihat data dari Gaikindo, penjualan mobil secara wholesales atau dari pabrik ke dealer dari Januari hingga September 2024, memang mengalami penurunan sebesar 16,2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Secara detail, sepanjang sembilan bulan tahun ini, penjualan hanya berada di kisaran 633.218 unit, dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 755.778 unit.

Sedangkan untuk ritel, juga mengalami penurunan sebesar 11,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Atau secara detail, penjualan Januari hingga September 2024 ke konsumen, hanya mencapai 657.223 unit dibandingkan sebesar 746.246 unit pada periode yang sama tahun lalu.

Perjalanan tahun ini, memang masih menyisakan kurang lebih dua bulan lagi. Dengan demikian, Gaikindo masih terus berusaha meningkatkan penjualan, dengan diadakannya pameran-pameran otomotif, seperti GIIAS Series dan juga Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, yang bakal berlangsung 22 November hingga 1 Desember 2024, di ICE, BSD, Tangerang.

Jadi APM Resmi, Indomobil Siap Produksi Lokal Maxus Mifa 9

PT Indomobil Energi Baru, yang berada di bawah naungan Indomobil Group resmi menjadi agen pemegang merek (APM) Maxus di Indonesia.

Menandai kehadirannya di Tanah Air, Indomobil dan Maxus juga akan mengikuti pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 pada 22 November hingga 1 Desember mendatang.

Salah satu model Maxus terkini akan ditampilkan adalah Maxus Mifa 9, sebuah MPV premium listrik pertama di dunia.

Sebagai mitra kerjasama yang dipercaya oleh SAIC-Maxus, Indomobil Group memiliki komitmen dan strategi jangka panjang dalam mengembangkan Maxus di Indonesia.

Komitmen ini diperkuat dengan dukungan penuh Indomobil Group terhadap kebijakan pemerintah dalam pengembangan industri kendaraan listrik di Tanah Air.

Diketahui, Maxus Mifa 9 telah terdaftar dalam program percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dicanangkan oleh pemerintah.

MPV listrik Maxus Mifa 9 ini akan diproduksi di dalam negeri dan mendapatkan fasilitas bea masuk dalam masa transisi.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya