TPS Ini Jamu Pemilih dengan Ketan dan Durian

Dari 353 orang yang masuk DPT, setengahnya sudah memberikan hak suara.

oleh Muslim AR diperbarui 09 Des 2015, 11:36 WIB
Diterbitkan 09 Des 2015, 11:36 WIB
Menyoblos dijamu durian dan ketan
TPS ini menyediakan ketan dan durian untuk pemilih pilkada serentak (Liputan6.com/ Muslim AR)

Liputan6.com, Padang - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 19 di Kelurahan Batang Kabuang Gantiang, RW XV, Perumahan Kharismatama, Kecamatan Koto Tangah, Padang, berusaha meningkatkan partisipasi pemilih pilkada serentak.

Mereka menyediakan durian, ketan, rambutan, dan jajanan pasar tradisional Minang lainnya untuk menarik minat pemilih datang ke TPS.

"Kami sengaja menyediakan ini semua untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Kami ingin melampaui target 75% itu," ujar Ketua KPPS TPS 19, Syofianto Simatupang, kepada Liputan6.com, Rabu (9/12/2015).


TPS ini menyediakan ketan dan durian untuk pemilih pilkada serentak (Liputan6.com/ Muslim AR)

Tak hanya dijamu dengan penganan dan jajanan pasar tradisional Minang, para pemilih ini juga diberikan kupon yang akan diundi pada sore hari.

"Ada alat rumah tangga, ada gitar listrik, payung, dan lain-lain. Setiap pemilih kami berikan nomor undian setelah mereka mencoblos. Sebelum mencoblos, mereka kami jamu dengan ketan, pisang goreng, durian, buah-buahan, dan es selasih," ujar Syofianto Simatupang.

Cara tersebut dinilai cukup efektif. Sebab, dari 353 orang yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), sudah setengahnya memberikan hak suaranya.

"Jam 10.30 ini saja sudah masuk pemilih yang ke-168 dari total 353 DPT yang ada di RW XV ini," ucap Syofianto.**

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya