Merah dan Putih Bertarung di Pilkada Sleman

Calon bupati Yuni Setya optimistis memenangkan pilkada serentak di Sleman.

oleh Yanuar H diperbarui 09 Des 2015, 15:14 WIB
Diterbitkan 09 Des 2015, 15:14 WIB
Pilkada di Sleman
Pilkada di Sleman (Liputan6.com/ Fathi Mahmud)

Liputan6.com, Sleman - Merah putih mewarnai pilkada serentak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ini terlihat dari pakaian yang dikenakan 2 calon bupati Sleman, yaitu Sri Purnomo dan Yuni Setya Rahayu.

Keduanya merupakan inkumben yaitu bupati dan wakil bupati yang memutuskan jalan sendiri dan bersaing dalam pilkada serentak 2015.

Yuni Setya Rahayu yang sebelumnya wakil bupati Sleman, mendatangi TPS 16 Maguwoharjo, Sleman menggunakan pakaian serba merah. Dia yang didukung PDIP, didampingi suami dan relawan menggunakan hak pilihnya. Dia mengatakan, baju serba merah karena sesuai dengan warna simbol partainya.

"Ya karena saya merah. Enggak ada lain," ujar Yuni di Sleman, Rabu (9/12/2015).

Dia optimistis memenangkan pilkada serentak di Sleman. Klaimnya akan menguasai 64% suara pilkada di Sleman. Hal ini sesuai dengan hasil survei dari tim internal dan pergerakan tim relawan untuk menaikkan perolehan suara.

"Selama ini teman-teman sudah bergerak hingga ke tingkat pedukuhan sehingga harapannya pesan ini bisa tersampaikan. Target ya 64%. Proyeksi di TPS saya ya 80% kali ya," ujar cabup yang didukung PDIP, Gerindra, dan PKS ini.

Sementara itu, calon bupati Sleman Sri Purnomo yang sebelumnya menjabat menjadi bupati Sleman bersama 6 anggota keluarganya datang ke TPS 24 Jaban Tridadi. Menggunakan pakaian serba putih, Sri mantap dapat memenangkan perolehan suara di Sleman. Ia mengatakan menggunakan pakaian serba putih karena melambangkan kesucian.

"Ya bersih saja lah pakai putih ini," ujar cabup yang didukung Partai Nasdem, PAN, Golkar, PPP, PKB, Demokrat, dan Hanura.


Pilkada di Sleman (Liputan6.com/ Fathi Mahmud)

Optimisme kemenangan ini karena hasil survei ada 15 November 2015. Ia menargetkan dapat memenangkan sekitar 75% kemenangan.

"Ya insya Allah. Kita sudah memetakan dan survei kami buka di 15 November lalu hasilnya bagus. Jika sudah selesai, kita merangkul bersama dan membangun Sleman dengan gotong royong," ujar dia.

Jumlah DPT di Sleman ada 775.443 pemilih ditambah 604 orang. Sedangkan jumlah TPS di Sleman mencapai 1.969 tempat. (Fathi mahmud)

Peserta pilkada bupati Sleman ada 2 pasangan, yakni nomor urut 1 Yuni Setya Rahayu-Danang Wicakana Sulistyo yang didukung PDIP, Gerindra, dan PKS. Sedangkan pasangan nomor urut 2 Sri Purnomo-Sri Muslimatun yang diusung Partai Nasdem, PAN, Golkar, PPP, PKB, Demokrat, dan Hanura.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya