Penghitungan Sirekap KPU Pilkada Kota Depok, Idris-Imam Unggul Sementara dari Pradi-Afifah

Masyarakat yang ingin mengetui hasil sementara dari Pilkada Kota Depok, dapat mengunjungi website KPU, yakni pilkada2020.kpu.go.id.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 10 Des 2020, 14:33 WIB
Diterbitkan 10 Des 2020, 13:05 WIB
Mohammad Idris
Calon Wali Kota Depok nomor urut 2 Mohammad Idris ditemani istrinya Elly Farida menggunakan hak pilih pada Pilkada 2020 di TPS 14 Jatimulya, Depok, Rabu (9/12/2020). Pilkada Depok 2020 diikuti oleh Pradi Supratna-Afifah Alia serta Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan penghitungan sementara pada Pemlihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok melalui website pilkada2020.kpu.go.id. 

Ketua KPU Kota Depok, Nana Sobarna mengatakan, masyarakat yang ingin mengetahui hasil sementara dari Pilkada Kota Depok, dapat mengunjungi website KPU, yakni pilkada2020.kpu.go.id. Dari hasil tersebut Idris-Imam unggul sementara dari Pradi-Afifah.

"Data yang ditampilkan pada menu hitung suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka," ujarnya Kamis (10/12/2020).  

Nana menjelaskan, hasil yang disajikan merupakan hasil dari foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap. 

"Apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web Tingkat Kecamatan," ucap Nana.

Berdasarkan data sementara, Idris-Imam memperoleh 140.251 suara atau 56,1 persen. Sedangkan Pradi-Afifah mendapatkan 109.853 suara atau 43,9 persen.

Jumlah pengitungan tersebut dilihat pada pukul 10.25 WIB dan akan mengalami penambahan.  

"Jumlah tersebut berdasarkan data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim KPPS melalui Sirekap," jelasnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Input Data TPS

Penghitungan KPU Pilkada Kota Depok, Idris-Imam Menang Lawan Pradi-Afifah
Versi Penghitungan KPU Pilkada Kota Depok, Idris-Imam Menang Lawan Pradi-Afifah (Foto.Liputan6/Dicky Agung Prihanto)

Nana mengungkapkan, hingga saat ini KPU Kota Depok telah menginput surat suara dari TPS sebanyak 1.356 TPS dari 4.015 TPS atau 33,77 persen.

KPU Kota Depok masih menginput sejumlah TPS yang tersebar di 11 Kecamatan yang nantinya akan di upload ke website KPU. Namun, KPU akan melakukan penghitungan ulang kembali di Kecamatan. 

"Kami akan terus menghitung dan nantinya akan disampaikan pada rapat pleno terbuka," tutup Nana.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya