Survei Indikator: Erick Thohir Cawapres Paling Didukung Pemilih, Kalahkan Ridwan, Sandi dan AHY

Survei tersebut dilakukan dalam rentang 20-24 Juni 2024, menempatkan 1.220 orang dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Jul 2023, 16:24 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2023, 16:19 WIB
Ketua umum PSSI, Erick Thohir di Kemenpora
Ketua umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan kepada awak media setelah melakukan rapat koordinasi dengan Menpora, Dito Ariotedjo di kantor Kemenpora, Jumat (7/7/2023). (Bola/com/Abdul Aziz)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi kandidat paling potensial dalam bursa calon wakil presiden. Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia, Erick Thohir menjadi nama yang paling didukung masyarakat terkait pilihan calon wakil presiden.

Pada simulasi 23 nama, Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, Erick paling banyak dipilih, meninggalkan Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, juga Agus Harimurti Yudhoyono.

“Pada simulasi 23 nama semi terbuka, Erick mendapatkan 18,5 persen, paling banyak dipilih sebagai cawapres. Baru Ridwan Kamil (16,9 persesn), Sandiaga (11,8 persen), dan AHY (11,4 persen). Nama lain lebih rendah, kurang dari 6 persen,” kata Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Kepemimpinan Nasional dan Dinamika Elektoral Jelang 2024 di Mata Generasi Muda’ secara virtual, Minggu (23/7/2023).

Survei tersebut dilakukan dalam rentang 20-24 Juni 2024, menempatkan 1.220 orang dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Pada simulasi lima nama, menurut Burhanuddin, Erick juga berada di posisi teratas. Ketua Umum PSSI itu mendapatkan dukungan sebanyak 22,9 persen. Sementara Ridwan Kamil sekadar 20,1 persen, menyusul Sandiaga 17,5 persen.

Burhanuddin menjelaskan, dukungan terhadap Erick menguat cukup besar dalam dua bulan terakhir, sementara nama-nama lain kecenderungannya stagnan atau menurun.

“Erick Thohir kemungkinan besar mendapat insentif elektoral atas kinerjanya dalam mengawal PSSI. Awareness publik terhadap Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI mengalami peningkatan, begitu juga dengan evaluasi atas kinerjanya yang semakin positif,” ungkap Burhanuddin.

Terobosan-terobosan Erick dalam upaya membenahi PSSI juga mendapat respons positif dari masyarakat. Dalam temuan Indikator, mayoritas masyarakat setuju Erick diasosiasikan positif dalam keberhasilan Timnas Indonesia sebagai juara SEA Games.

“Kami juga mengevaluasi kinerja menteri. Dari 66,4 persen masyarakat yang tahu posisi Erick sebagai Menteri BUMN, 91,6 persen menyatakan puas,” kata Burhanuddin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Didukung Jokowi

Di sisi lain, menurut Burhanuddin, mayoritas masyarakat menilai Erick Thohir menjadi calon wakil presiden yang paling didukung Jokowi. Dukungan tersebut berada di angka 19,7 persen.

“Erick dinilai paling didukung Jokowi sebagai cawapres, baru Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil. Nama lain mendapat persepsi lebih rendah,” kata Burhanuddin.

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir
Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya