Bukan Umumkan Cawapres Ganjar, PDIP: Rakernas IV Fokus Isu Kedaulatan Pangan

Menurut Hasto, PDIP ingin mempertajam narasi tentang Indonesia selama Rakernas IV yang bakal dibawa Ganjar bersama cawapres pendamping.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 25 Sep 2023, 14:46 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2023, 14:46 WIB
Ekspresi Ganjar Pranowo Usai Pertemuan di DPP PDIP
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Sekretaris Jendral PDI Perjuangan Hasto Kristianto usai dipanggil di DPP PDIP, Jakarta, Senin (24/10/2022). Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menegaskan bahwa dirinya akan taat terhadap aturan Partai PDI Perjuangan (PDIP) soal Capres 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, pihaknya memakai momentum Rakernas IV untuk membahas tentang kedaulatan pangan. Dia menegaskan, Rakernas IV PDIP tidak membicarakan isu cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

Pernyataan Hasto untuk menjawab media setelah membuka diskusi bertema Pengembangan Pangan dari Laut untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Rakyat Secara Berkelanjutan di Kantor PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (24/9/2023).

"Jadi Rakernas ini fokus di dalam membangun kedaulatan pangan. Kami akan menghadirkan ribuan petani dari seluruh Indonesia dan juga representasi dari nelayan. Ada petani yang berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat. Ada para peneliti, kemudian berbagai tanaman multikultural termasuk kopi, teh, dan sebagainya yang kemudian akan menjadi komitmen," kata Hasto.

Hasto mengatakan urusan cawapres pendamping Ganjar akan dibahas saat momentum yang tepat. Apalagi, pendaftaran kandidat Pilpres 2024 ke KPU baru dibuka pada 19 Oktober 2023.

"Terkait dengan capres-cawapres siapa yang akan mendampingi Ganjar Pranowo nanti pada momentum yang tepat, karena pendaftaran di KPU sendiri itu, kan baru dilakukan pada tanggal 19 Oktober. Dimulai 19 Oktober kalau tidak salah sampai 25 Oktober," ujar Hasto.

Menurutnya, saat ini PDIP ingin mempertajam narasi tentang Indonesia selama Rakernas IV yang bakal dibawa Ganjar bersama cawapres pendamping.

"Dalam konteks itu (cawapres), kami akan mencari momentum yang sangat baik, momentum yang tepat, kalkulasi secara politik yang matang dan kesiapan dari jajaran tim pemenangan sudah dibentuk hingga ke daerah-daerah," papar Hasto.

"Jadi skala prioritas sekarang itu mempertajam narasi tentang masa depan Indonesia yang akan diusung oleh Pak Ganjar dan Mister X-nya kemudian," ucap Hasto Kristiyanto menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sosok Bakal Cawapres Ganjar Diundang di Rakernas IV PDIP?

Respons Ganjar Pranowo Soal Nama Mahfud Md Jadi Kandidat Cawapres Terkuat
Bacapres Ganjar Pranowo merespons kabar soal nama Menko Polhukam Mahfud Md masuk dalam bursa cawapres terkuat. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Hasto kemudian ditanya awak media soal sosok yang berpotensi mendampingi Ganjar Pranowo sebagai cawapres. Ia menjawab ada sosok pria dan wanita.

"Juga bisa Miss X, gitu kan. Kan, perempuan itu, kan, jalan peradaban kalau dilihat, sehingga dalam konteks itu upaya yang dilakukan terkait dengan pengumuman itu tunggu tanggal mainnya. Bisa mendekati saat-saat pendaftaran, bisa juga jauh sebelumnya, selama pembentukan tim pemenangan nasional ini kan harus dilakukan dulu sampai ke daerah-daerah," beber Hasto.

Terkait kemungkinan sosok yang berpotensi menjadi cawapres pendamping Ganjar bakal hadir dalam Rakernas IV PDIP. Hasto hanya mengatakan tokoh nasional sampai menteri di era Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan diundang pada acara Rakernas IV PDIP.

Dia juga menyebut Ketua TPN Arsjad Rasjid dan Wakil Ketua TPN seperti Andika Perkasa hingga elite partai lain pendukung Ganjar akan diundang pas Rakernas IV PDIP.

"Kalau tokoh bakal calon wakil presiden, masih dirahasiakan, masih dipersiapkan, belum dimunculkan secara khusus, tetapi yang akan hadir juga tokoh-tokoh nasional, ada paprol pengusung Mas Ganjar Pranowo, ada akademisi yang menaruh perhatian masalah pangan," kata Hasto.

Infografis Megawati dan Hasto Bicara Bursa Cawapres Pendamping Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Megawati dan Hasto Bicara Bursa Cawapres Pendamping Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya