Sabtu 21 Oktober 2023 Besok, Airlangga Umumkan Bakal Cawapres Pendamping Prabowo yang Didukung Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan partainya berkomitmen mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.

oleh Devira PrastiwiLizsa Egeham diperbarui 20 Okt 2023, 15:53 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2023, 15:53 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan partainya berkomitmen mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan partainya berkomitmen mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) 2024. ( Sumber ekon.go.id )

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan partainya berkomitmen mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.

Sementara sosok bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo, kata Airlangga, akan diumumkan pada rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Golkar yang akan digelar Sabtu besok, 21 Oktober 2023.

"Jadi rapimnas besok itu membahas capres cawapres yang didukung Golkar," kata Airlangga Hartarto usai Syukuran HUT ke-59 di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta Barat, Jumat (20/10/2023).

"Capresnya Pak Prabowo. Iya, capres iya mengerucut satu (nama)," sambungnya.

Partai Golkar sendiri saat ini tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju bersama Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, hingga PBB. Kolisi yang terdiri dari partai-partai besar ini mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024.

Hanya saja, Prabowo hingga kini belum mengumumkan siapa sosok cawapres yang akan mendampinginya di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Saat ditanya siapa sosok cawapres Prabowo, Airlangga mengatakan hal tersebut akan dibahas di Rapimnas Partai Golkar.

"Untuk Golkar sikapnya besok di rapimnas, karena itu dihadiri oleh seluruh DPD se Indonesia," jelas Airlangga.

Sebelumnya, Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto memastikan akan mendaftar Pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pekan depan.

Prabowo mengatakan dirinya masih menunggu hasil rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Golkar yang akan digelar Sabtu, 21 Oktober 2023.

"Saya kira minggu depan sudah kita pendaftaran ya. Minggu depan. Bukan hari Minggu, minggu depan," kata Prabowo di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta Barat, Jumat (20/10/2023).

"Ya kita lihat perkembangan. Besok ada rapimnas Golkar, kita tunggu perkembangan," sambungnya.

Hingga kini, Prabowo menjadi satu-satunya bacapres yang belum mengumumkan cawapres pendampingnya dan mendaftar ke KPU. Saat disinggung nama Erick Thohir dan Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapresnya, Prabowo hanya terdiam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prabowo Hadiri Syukuran HUT ke-59 Partai Golkar

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Partai Golkar di DPP Partai Golkar Jakarta, Jumat (20/10/2023), terlihat pula Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Partai Golkar di DPP Partai Golkar Jakarta, Jumat (20/10/2023), terlihat pula Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Liputan6.com/Lizha Egeham)

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Partai Golkar yang digelar di DPP Partai Golkar Jakarta Barat, Jumat (20/10/2023). Kedatangan Prabowo disambut langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Prabowo tiba di DPP Partai Golkar pada pukul 13.05 WIB. Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju itu tampak mengenakan kemeja bewarna putih dan peci hitam.

Airlangga yang memakai jas Partai Golkar bewarna kuning langsung menyambut di depan pintu mobil Prabowo. Keduanya tampak saling bersalaman.

Lalu, Airlangga mengajak Prabowo masuk ke dalam Gedung DPP Partai Golkar. Prabowo dan Airlangga terlihat duduk bersebelahan di meja makan.

Dalam kesempatan ini, hadir Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade. Selain itu, ada pula Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono dan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie.

 


Di Depan Airlangga Hartarto, Prabowo: Saya Selalu Merasa Nyaman di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Partai Golkar di DPP Partai Golkar Jakarta, Jumat (20/10/2023), terlihat pula Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Partai Golkar di DPP Partai Golkar Jakarta, Jumat (20/10/2023), terlihat pula Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Liputan6.com/Lizha Egeham)

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merasa terhormat diundang dalam acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Partai Golkar di DPP Partai Golkar Jakarta, Jumat (20/10/2023). Dia mengaku selalu merasa nyaman saat berada ditengah-tengah Partai Golkar.

"Undangan ini jadi kehormatan bagi saya, saya merasa selalu di Golkar saya merasa nyaman, nyaman at home karena begitu banyak kawan-kawan lama, kawan kawan seperjuangan," ujar Prabowo Subianto saat menyampaikan sambutannya di DPP Partai Golkar Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Dia mengatakan, Partai Golkar memiliki sejarah yang gemilang. Prabowo menyebut partai berlambang pohon beringin itu berjasa dalam sejarah bangsa Indonesia.

"Golongan Karya tampil disaaat-saat kritis membela kebenaran keadilan dan kejujuran," kata Prabowo.

Tak hanya itu, Prabowo menuturkan Golkar selalu hadir untuk membela Pancasila dan UUD 1945 saat terancam. Menurut dia, Golkar telah melahirkan banyak partai-partai lain yang juga membela Pancasila.

"Membela Pancasila dan UUD 1945, pada saat Pancasila terancam, golongan karya tidak ragu-ragu membela Pancasila. Sekali lagi saya ulangi, pada saat pancasila terancam Golongan karya tidak ragu-ragu membela Pancasila," ucap dia.

"Dan Golongan karya melahirkan banyak sekali partai-partai lain yang juga membela Pancasila. Secara murni dan konsekuen," sambung Prabowo.

 


Merasa Selalu Didukung Golkar

Gaya leadership Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang tenang dan sustainable patut diacungkan jempol, di antaranya adalah kedekatan Airlangga dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang baru-baru ini diundang ke DPP Partai Golkar.
Gaya leadership Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang tenang dan sustainable patut diacungkan jempol, di antaranya adalah kedekatan Airlangga dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang baru-baru ini diundang hadir ke DPP Partai Golkar. (Ist)

Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju itu merasakan dukungan yang besar dan kuat dari Partai Golkar. Hal ini membuat Prabowo yakin maju di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

"Saya tidak panjang lebar, tapi saya merasakan bahwa saya merasa besar, saya merasa dukungan yang sangat kuat, saya merasa kita berjuang selalu, untuk rakyat, untuk demokrasi, untuk kebenaran, untuk keadilan, untuk kejujuran untuk kemakmuran rakyat Indonesia," pungkas Prabowo.

Acara ini dihadiri Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono hingga Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie.

Sebelumnya, Partai Golkar akan menggelar acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 pada 31 Oktober 2023 mendatang. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi tamu undangan Golkar, termasuk jajaran partai pendukung Capres Prabowo Subianto dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Ketua Penyelenggara HUT Golkar ke-59 dan Rapimnas ke-2 periode 2023, Muhidin M Said menyampaikan, Rapat Pimpinan Nasional menjadi bagian dari rangkaian ulang tahun partai. Dia pun merinci sejumlah agenda yang telah dan akan dilaksanakan.

"Rangkaian kegiatan HUT ke-59 Partai Golkar kita mulai dari Tuban tanggal 3 Oktober 2023, yaitu salawat yang dipimpin oleh Gus Miftah yang dhadiri kurang lebih 15 ribu umat. Kemudian pada tanggal 11 Oktober 2023, juga kita lakukan salawat, juga dipimpin oleh Gus Miftah, juga dihadiri hampir 15 ribu umat," tutur Muhidin di Gedung DPP Golkar, Jakarta Barat, Kamis 19 Oktober 2023.

Infografis Keakraban Prabowo Subianto dan Erick Thohir Jelang Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keakraban Prabowo Subianto dan Erick Thohir Jelang Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya