Cak Imin Keberatan MNC Group Jadi Penyelenggara Debat Capres Cawapres

Cak Imin menekankan lembaga penyiaran harus terjaga independensi dalam Pilpres 2024. KPU juga mestinya mendengar keluhan yang mengemuka di publik soal polemik MNC Group.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 03 Jan 2024, 07:37 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2024, 07:37 WIB
Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.
Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin keberatan MNC Group menjadi penyelenggara debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. MNC Group diketahui milik Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo yang merupakan pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

MNC Group menjadi penyelenggara debat Pilpres ketiga ini awalnya dipersoalkan kubu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Ya tentu sama dengan yang keberatan, karena menyangkut independensi sebuah televisi siaran. Karena itu buktikan kepada seluruh TV siaran untuk menjaga independensinya," ujar Cak Imin di Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (2/1/2024).

Cak Imin menekankan lembaga penyiaran harus terjaga independensi dalam Pilpres 2024. Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga mestinya mendengar keluhan yang mengemuka di publik soal polemik MNC Group.

"Kita harap MNC membuktikan bahwa dia menjadi independen kalau tidak bisa membuktikan memang protes itu harus didengar KPU," kata Cak Imin.

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Grace Natalie meminta KPU mengkaji ulang terkait MNC Group sebagai media penyelenggara debat.

"Ini mungkin belum resmi, tapi memang kalau melihat penyelenggara dari debat ketiga nanti itu semuanya MNC Group dan mengingat pemilik dari MNC, Pak Hary Tanoe adalah ketua umum partai yang hari ini mendukung salah satu paslon 3, rasanya sih lebih baik ditimbang ulang oleh KPU," ujar Grace di Lounge Saphire Bandara Soekarno Hatta, Minggu, 31 Desember 2023.

Seluruh stasiun televisi milik MNC Group menjadi penyelenggara debat ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024. Terdapat empat stasiun tv yakni MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berbeda dengan Debat Lainnya

Komposisi itu berbeda dengan debat pertama, kedua, keempat, dan kelima yang dikombinasikan dengan stasiun tv serta radio beda group media. Debat pertama diselenggarakan TVRI dan RRI.

Debat kedua yakni Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV. Kemudian, debat keempat yakni SCTV, Indosiar, dan MetroTV. Lalu, debat kelima yaitu TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV.

Infografis Ragam Tanggapan Geger Kabar Duet Anies-Cak Imin dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Geger Kabar Duet Anies-Cak Imin dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya