Soal Pilkada Banten, AHY Ragu dengan Kader Sendiri?

AHY menyebut jika ada kader Demokrat yang berpotensi menang tentu harus dipertimbangkan juga kesiapan logistik atau dukungan partai politik lain.

oleh Tim News diperbarui 05 Jul 2024, 20:20 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2024, 15:18 WIB
Partai Demokrat Keluarkan Rekomendasi untuk Pilkada Maluku dan Sumsel 2024
AHY berharap dua pasang calon gubernur dan wakil gubernur bisa terpilih dan memimpin masing-masing wilayahnya untuk lima tahun ke depan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat nampaknya kurang yakin dengan kader internal partai berlambang mercy itu. Hal ini seiring dengan pernyataan Ketua DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyoni (AHY) yang terkesan condong memilih Koalisi Banten Maju (KBM) yang digawangi Partai Gerindra.

Meskipun sebenarnya Partai Demokrat memiliki kader terbaiknya yang bisa dimajukan di Pilkada Banten 2024. Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya yang sudah 10 tahun menjadi Bupati Lebak, dan mantan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah yang dua periode menjadi Wali Kota Tangerang dan satu periode menjadi Wakil Wali Kota.

"Demokrat akan bersikap realistis di Pilkada Banten. Meskipun Demokrat memiliki kader terbaiknya yang bisa dimajukan di wilayah tersebut," ujar AHY, di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

Terkait dengan Pilkada Banten ini, AHY menyebut sifatnya masih sangat cair. Masing-masing yang ingin menjadi kandidat sudah berikhtiar dengan segala strateginya, termasuk ada sejumlah kader utama demokrat yang sedang mencari peluang.

"Ada beberapa mantan kepala daerah yang juga adalah kader utama Partai Demokrat. Mereka yakni Ibu Iti Octavia Jayabaya, dan Pak Arief R Wismansyah," kata AHY.

Ia menyebut jika ada kader Partai Demokrat yang berpotensi menang di wilayah tersebut, tentu harus dipertimbangkan juga kesiapan kandidatnya. Misalnya dari segi logistik atau dukungan partai politik lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Demokrat Ingin Ikut Andil Kemajuan Daerah

Secara pribadi, AHY merasa senang jika yang maju adalah kader Demokrat. "Tapi saya selalu menyampaikan kepada mereka bahwa kita harus benar-benar realistis. Jangan hanya bermodalkan semangat, tetapi juga kesiapan-kesiapan lainnya," kata dia.

AHY menegaskan, Partai Demokrat tidak hanya memberikan dukungan terhadap calon yang berpotensi menang di Pilkada 2024. Demokrat juga ingin ikut andil dalam kemajuan di tingkat daerah.

"Kita ingin mendukung kader-kader, termasuk tokoh-tokoh yang memiliki kans terbaik untuk menang, selebihnya kami ingin berperan lebih baik lagi di pemerintahan. Bukan hanya dipemerintahan pusat, tetapi juga pemerintahan daerah pada lima tahun ke depan," ujarnya.

Infografis peluang AHY di Pilpres 2019
Infografis peluang AHY di Pilpres 2019 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya