Berbagi Kebahagiaan Bersama Tetangga Saat Ramadan

Ada banyak cara agar Ramadan kian berkah dan meriah. Salah satunya, berbagi dengan tetangga.

oleh Kantrimaharani diperbarui 06 Jun 2016, 12:00 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2016, 12:00 WIB
Berbagi Kebahagiaan Bersama Tentangga Saat Ramadhan
Ada banyak cara agar Ramadhan kian berkah dan meriah. Salah satunya, berbagi dengan tetangga.

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadan tiba. Seluruh umat Islam bersuka cita menyambut kedatangannya. Banyak cara dilakukan sebagai wujud suka cita, selain berkumpul bersama sanak keluarga (munggahan), ada juga yang mulai mendekorasi rumah mereka agar tetap terlihat cantik.

Setelah merayakan bersama keluarga, jangan lupa juga bersilaturahmi dengan tetangga sekitar rumah Anda.

Dilansir dari situs properti rumah.com, ada tujuh cara untuk berbagi kebahagiaan bersama tetangga di lingkungan perumahan:

1. Mulailah dengan doa

Sebelum berbagi, alangkah baiknya Anda mulai dengan berdoa sebagai wujud rasa syukur atas kesehatan, kekuatan, dan rejeki yang melimpah.

Dalam doa pintalah untuk diberikan motivasi untuk tetap semangat berbagi. Karena dengan motivasi, Anda akan ikhlas menjalankan usaha mulia ini.

2. Pasang spanduk bertemakan Ramadan di pintu Anda

Sebagai tanda bahwa Ramadan adalah bulan penuh rahmat dan keberkahan, tidak ada salahnya Anda memasang spanduk bertemakan Ramadan. Misalnya, menggunakan kalimat “Marhaban Yaa Ramadan” atau “Ramadan Ceria”.

Membuat spanduk tidak harus selalu membeli. Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kain satin atau polyster. Kemudian, letakkan potongan origami atau kertas karton berwarna menyerupai tulisan ke sisi kain.

Atau Anda juga bisa memasang spanduk bertuliskan keberkahan Ramadan agar tetangga Anda juga mengetahui dan memberikan motivasi positif.

3. Kirimkan kartu ucapan selamat menunaikan ibadah puasa

Mengirim kartu ucapan ternyata tidak selalu dilakukan saat lebaran saja. Anda juga bisa mengirimkan kartu ucapan bertuliskan “Selamat menjalankan puasa ya!” Selain itu, jangan lupa cantumkan doa dan harapan tentang resolusi Ramadan tahun ini.

4. Kirimkan makanan kepada tetangga

Kirimkan makanan kepada tetangga untuk berbuka. Karena, dengan Anda memberikan makanan kepada orang lain, maka Anda akan mendapatkan pahala. Selain Anda tenang menjalankan puasa selama Ramadan, Anda juga bisa terus memotivasi diri untuk jauh lebih baik.

5. Berikan balon dan permen kepada anak-anak

Bagi sebagian orang dewasa, berpuasa adalah tantangan berat, apalagi bagi anak-anak. Nah, untuk membuat puasa terasa lebih menyenangkan bagi anak-anak, tak ada salahnya memberikan hadiah bagi anak yang berhasil menjalankan ibadah puasa.

Hadiah bisa dirupakan dalam bentuk balon, cokelat, permen, atau hal-hal lain yang disukai oleh anak-anak.

Jangan lupa untuk menuliskan “I love Ramadan” atau “Ramadanku, Ramadanmu” pada secarik kertas kecil yang digulung menyerupai gulungan arisan. Pada saat mereka penasaran, tentu mereka akan membuka dan membacanya.

6. Buatlah obrolan rencana buka puasa bersama di sekitar rumah

Sambil berbincang, tidak ada salahnya bila Anda dan tetangga sudah mempersiapkan berbuka puasa bersama (ifthor jama'i). Obrolan ini akan membuat Anda menjadi dekat dengan tetangga.

7. Membagikan jadwal imsakiyah

Terakhir, Anda bisa membagikan jadwal imsakiyah (jadwal puasa) kepada tetangga. Karena, dengan memberikan jadwal Imsakiyah, menunjukkan kepedulian untuk mengingatkan sesama.

Feature picture: pixabay.com

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya