Kondisi Kamar Bayi Pengaruhi Tumbuh Kembangnya

Proses tumbuh kembang si kecil terjadi pada waktu tidur. Agar tidurnya berkualitas, sediakan perabotan yang nyaman untuk anak.

oleh boyleonard diperbarui 19 Jul 2016, 19:44 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2016, 19:44 WIB
20160719-tips kamar bayi-rumahcom-boy
Proses tumbuh kembang si kecil terjadi pada waktu tidur. Agar tidurnya berkualitas, sediakan perabotan yang nyaman untuk anak.

Liputan6.com, Jakarta Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum menyambut kedatangan si buah hati, di antaranya adalah menyiapkan kamar bayi.

Proses tumbuh kembang si kecil terjadi pada waktu tidur. Agar tidurnya berkualitas, orang tua harus bisa memilih kamar serta perabotan yang aman dan nyaman untuk anak.

Jika Anda baru mulai menyiapkan atau sebelumnya sudah tersedia tetapi merasa dekorasinya kurang sempurna, simak beberapa inspirasi kreatif yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini dalam mendekorasi kamar bayi.

Inspirasi karya seni

Berbagai lukisan bernuansa cerah cocok juga dipajang di kamar bayi.

Sebuah dekorasi dengan karya seni dapat menginspirasi buah hati atau bahkan babysitter Anda. Anda bisa membuatnya sendiri atau membelinya melalui situs jual beli.

Kamar bayi ini sudah seperti galeri seni dengan tembok putih yang diberikan lis (garis pembingkai) berwarna hijau. Anda bisa memasang beberapa lukisan di dinding mulai dari hitam-putih hingga yang berwarna untuk menarik perhatian bayi.

Petumbuhan dan perkembangan

Ciptakan lingkungan yang aman agar si kecil bisa bergerak dengan leluasa.

Siapkan kamar bayi yang dapat berfungsi sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan usia anak. Pertimbangkan menyiapkan ruang lebih untuk anak belajar merangkak dan berjalan.

Pastikan kamar tersebut aman dari resiko terbentur atau kecelakaan lainnya. Tambahkan rak yang pendek untuk menyimpan buku serta mainan. Berikan karpet lembut serta beberapa bantal agar ruangan menjadi lebih nyaman untuk anak.

Sebagai tempat untuk belajar

Si Kecil mungkin belum paham arti perangkat edukasi yang dipajang, tetapi ini membuatnya terbiasa sejak dini.

Kamar bayi adalah ruangan yang nyaman dan dapat menstimulasi tumbuh kembang anak-anak. Anda bisa mengajarkan anak-anak melalui ornamen dekorasi di kamar.

Rekatkan huruf-huruf yang besar di dinding kamar, poster untuk mengenalkan angka serta huruf, lampu dengan beragam bentuk agar bayi dapat mengenalinya dan terakhir siapkan beberapa buku untuk waktu membaca bersama sebelum tidur.

Menyimpan barang-barang bayi dengan teratur

Jangan lupa, sediakan tempat untuk menyimpan berbagai keperluan si mungil.

Siapkan lemari tambahan di kamar bayi, karena semakin besar seorang anak maka barang yang ada juga akan semakin bertambah.

Tata isi lemari dengan sistem penyimpanan yang teratur, misal salah satu rak digunakan untuk menyimpan mainan, buku-buku sementara rak di bawahnya digunakan untuk menyimpan seprai atau alas ompol, begitu juga rak lainnya untuk menyimpan popok dan tisu basah.

Tempat mengganti popok

Bagian atas dari rak laci bisa Anda gunakan untuk mengganti pokok.

Meskipun mengganti popok akan menjadi aktivitas harian yang sering dilakukan, namun hal ini tidak akan dilakukan untuk selamanya.

Gunakan sebuah laci kayu dan tambahkan kasur di bagian atasnya. Simpan keperluan penggantian popok di dalam laci.

Setelah tempat mengganti popok ini sudah tidak digunakan lagi, Anda tetap bisa menggunakan laci untuk menyimpan baju anak.

Sofa untuk orang dewasa

Sofa untuk orang dewasa bisa dimanfaatkan orang tua untuk istirahat.

Kurang tidur biasa dialami oleh orang tua yang memiliki bayi baru lahir. Letakkan sofa yang nyaman di dalam sebuah kamar bayi seukuran orang dewasa.

Dengan begitu, Anda mencuri waktu istirahat ketika orang tua menghadapi siklus tidur bayi baru lahir atau anak balita yang sedang aktif.

Gunakan sarung bantal yang dapat diganti dan dicuci serta tambahkan selimut. Sediakan meja kecil untuk menaruh minuman sehingga ketika sedang menyusui Anda tetap bisa mengambilnya dengan mudah.

Mita Agustina

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya