Yakin Mau Punya Kolam Renang di Rumah?

Menurut desainer kolam renang, kolam di sebuah rumah bisa menjadi nilai tambah atau justru menambah masalah. Simak lebih jauh!

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 17 Jul 2017, 15:59 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2017, 15:59 WIB
20170717-panduan sebelum memutuskan beli rumah dengan kolam renang
Kolam renang bukanlah kebutuhan yang bersifat investasi, sekedar fasilitas bagi gaya hidup urban. Biaya perawatannya juga cukup besar ketika Anda memiliki kolam renang sendiri. (Image: Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Hingga saat ini keberadaan kolam renang masih dianggap sebagai fitur mewah bagi sebuah hunian. Bahkan beberapa pengembang ada yang melengkapi clubhouse pada perumahannya dengan kolam renang demi menarik minat calon pembeli.

(Baca juga: Tips Membuat Kolam Renang Sendiri)

Meski demikian, sebenarnya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika Anda memiliki kolam renang di area rumah. Tak peduli ukuran dan bujet yang Anda miliki, yang jelas kolam renang tidak selalu mampu meningkatkan nilai jual sebuah hunian.

Pasalnya kolam renang bukanlah kebutuhan yang bersifat investasi, sekedar fasilitas bagi gaya hidup urban. Padahal ada biaya perawatan yang cukup besar ketika Anda memiliki kolam renang.

Jadi, pastikan desain kolam renang Anda bisa mengakomodir kebutuhan seluruh anggota keluarga. Misalnya, ada area rendam untuk anak-anak dan dewasa. Sehingga seluruh keluarga bisa menikmati fasilitas tersebut secara bersamaan.

Menurut desainer kolam renang, kolam di sebuah rumah bisa menjadi nilai tambah atau justru menambah masalah. Hal ini tergantung pada kualitas konstruksi yang dilakukan. Semakin bagus maka semakin sedikit membutuhkan perawatan.

Akan tetapi seperti yang dirangkum dari Rumah.com, sebagian besar proyek kolam renang memang banyak yang dibuat kurang proporsional sehingga bisa rusak dengan mudah dan membutuhkan biaya renovasi yang besar.

Membeli Rumah dengan Kolam Renang

Sebelum memutuskan membeli hunian yang dilengkapi fasilitas kolam renang, coba ajukan beberapa pertanyaan kepada pemilik rumah:

  • Berapa lama usia kolam renang sejak awal dikonstruksi?
  • Berapa besar biaya perawatan bulanan dan sejarah renovasi secara umum?
  • Apakah kolam renang dilengkapi fitur pengamanan yang mumpuni?

(Simak juga: Pilihan hunian yang memiliki fasilitas kolam renang dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

Biasanya biaya perawatan kolam renang mencakup penjernihan air, pemompa air, pembersihan dan perawatan kimiawi. Namun seiring berkembangnya teknologi, biaya perawatan kolam renang kini semakin efisien.

Sebelum membuat kolam renang, coba pertimbangkan posisi pemasangan, bentuk, ukuran, dan bagaimana caranya membuat tampak proporsional dengan layout rumah. Hal terakhir yang harus diingat, kolam renang ini semestinya didesain sebagai fasilitas outdoor hunian dan bisa digunakan dalam jangka waktu panjang untuk seluruh anggota keluarga Anda.

 

Isnaini Khoirunisa

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya