6 Langkah Mudah Aplikasikan Gaya Minimalis pada Apartemen

Jika sedari awal ruangan apartemen Anda memang tidak didesain khusus dengan gaya minimalis, tips berikut akan membantu Anda mengubahnya.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 19 Sep 2017, 10:54 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2017, 10:54 WIB
20170919-Tips hadirkan gaya minimalis pada apartemen
Selain simpel, desain minimalis juga mudah diaplikasikan. Tak masalah jika sedari awal ruangannya memang tidak didesain khusus dengan gaya minimalis.

Liputan6.com, Jakarta Bosan dengan tampilan apartemen yang ditata standar? Ubah saja tampilan ruangnya agar menghadirkan nuansa baru yang memberikan energi positif. Dan gaya minimalis salah satu yang patut Anda dicoba.

(Baca juga: 5 Jurus Bikin Apartemen Tipe Studio Jadi Super Instagramable)

Selain simpel, desain minimalis juga mudah diaplikasikan. Tak masalah jika sedari awal ruangannya memang tidak didesain khusus dengan gaya minimalis. Coba 6 tips dari Rumah.com berikut untuk menghadirkan gaya minimalis di apartemen Anda.

1. Mengosongkan ruang

Mulailah dengan mengosongkan ruang. Tata ulang ruang satu demi satu. Sebelum memasukkan furnitur kembali sebaiknya Anda sudah memiliki gambaran ruang baru yang ingin Anda ciptakan sehingga akan mempercepat kerja Anda.

Masukkan kembali furnitur ke dalam ruang, dimulai dari furnitur besar.

2. Furnitur minimalis

Jika Anda ingin tampilan yang lebih maksimal, Anda harus melengkapi apartemen dengan furnitur minimalis. Furnitur minimalis memiliki garis tegas. Tak perlu semua perabot Anda ganti, pilih yang paling eye catchy, misalnya sofa.

Pilih warna yang modern seperti abu-abu, broken white, hitam, atau merah yang akan membuat gaya minimalis lebih menonjol. Anda juga dapat menambahkan furnitur pelengkap lain dengan warna senada.

3. Gunakan yang benar-benar penting

Gaya minimalis identik dengan minim furnitur. Karena itu, cobalah lebih efisien dalam penggunaan barang. Mulai sekarang jauhi kebiasaan menumpuk barang-barang di dalam hunian. Pilih barang yang benar-benar penting saja dan serasi dengan gaya minimalis.

Sisanya bisa Anda buang atau jika masih layak pakai dapat Anda jual dengan harga miring. Dengan sedikitnya jumlah barang di dalam hunian maka akan membuat ruang lebih lapang dan nyaman.

Aplikasi Gaya Minimalis untuk Apartemen Anda

4. Bebaskan lantai

Untuk menampilkan nuansa minimalis yang lebih kental, hindari menutup lantai dengan karpet. Tanpa alas lantai ruang menjadi terlihat lebih clean.

Jika Anda merasa terlalu kosong, tambahkan tanaman hijau di beberapa sudut ruang. Tapi apabila Anda tetap ingin menggunakan karpet sebaiknya pilih motif dan warna yang cerah atau putih.

5. Biarkan polos

Kita kerap meletakkan hiasan seperti vas bunga atau ornamen di atas meja maupun kabinet. Mulai sekarang biarkan meja Anda polos tanpa hiasan. Desain minimalis cenderung menghindari pernak-pernik menonjol.

(Simak juga: Ragam pilihan apartemen bergaya minimalis dengan harga mulai dari Rp200 jutaan)

Anda bisa menggantinya dengan menaruh tumpukan majalah arsitektur atau fashion untuk menarik perhatian para tamu.

6. Dinding polos

Gaya minimalis cenderung membiarkan dinding kosong atau tanpa hiasan sama sekali. Jika Anda merasa dinding polos terlalu sepi, tambahkan satu hiasan yang serasi dengan gaya minimalis.

Idealnya, warna dinding terefleksikan pada warna furnitur. Gunakan bingkai foto atau bingkai lukisan yang ramping dan simpel.

 

Dian Probowati

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya