Pekerja Galian Pasir Cianjur Ditemukan Tewas Tertimbun

Korban tenggelam di Galian Pasir Cikahuripan, Kabupaten Cianjur, bernama Saeful (40), ditemukan tewas.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 07 Des 2019, 23:00 WIB
Diterbitkan 07 Des 2019, 23:00 WIB
SAR Gabungan temukan jenazah Saeful
Saeful (40), pekerja tambang di galian pasir Cikahuripan, Kabupaten Cianjur, ditemukan tewas setelah tertimbun Senin (2/12/2019) lalu. (Dok. Basarnas)

Liputan6.com, Bandung - Korban tertimbun galian pasir Cikahuripan, Kabupaten Cianjur, bernama Saeful (40), akhirnya ditemukan pada Sabtu, pukul 14.30 WIB. Pekerja di bagian produksi galian tambang pasir PT Triadi itu ditemukan dalam kondisi tewas pada hari keenam pencarian tim SAR gabungan.

"Korban tenggelam Saeful ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di sekitar lokasi kejadian," kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah, Sabtu (7/12/2019).

Saeful diketahui tertimbun galian pasir di Desa Cikahuripan pada Senin (2/12/2019) pukul 12.30 WIB. Korban merupakan seorang pekerja tambang pada bagian produksi pengaturan gas mesin pinton yang beralamat di Kampung Cimanggu, Kecamatan Cimangkok, Kabupaten Sukabumi.

"Setelah lima hari berturut turut melakukan penyedotan debit air dan lumpur di galian untuk mencari korban, akhirnya di hari keenam korban berhasil ditemukan," ucap Deden.

Sebelumnya, Saeful bersama lima orang pekerja bagian produksi sedang bekerja di galian tambang pasir lahan PT. Triadi yang dikelola oleh Habib Fuad dan H. Muhammad Gora. Namun tanggul jebol di lokasi penggalian pasir tersebut.

Lima orang rekan Saeful berhasil menyelamatkan diri dengan naik ke atas. Sementara Saeful yang berada di paling bawah galian bersama mesin ponton dan juga satu unit beko kobelco tertimbun longsoran lumpur.

"Korban berhasil dievakuasi pada pukul 15.15 WIB oleh tim SAR gabungan," ujar Deden.

Adapun unsur yang berada di lapangan yaitu Polres Cianjur, Polsek Gekbrong, Koramil Gekbrong, BPBD Cianjur, PMI Kab Cianjur, Check Point Cianjur, Rapi Cianjur, ACT, Scout Rescue, dan Muspika setempat.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya