Reaksi Warga Bangka Belitung Usai Viral Hoaks Telur Tangkal Covid-19

Warga Bangka Belitung memborong telur usai mendapatkan informasi hoaks tentang bayi baru lahir yang bicara bahwa telur bisa menangkal Corona Covid-19.

oleh Nefri Inge diperbarui 27 Mar 2020, 09:30 WIB
Diterbitkan 27 Mar 2020, 09:30 WIB
Ilustrasi telur
Ilustrasi telur (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Palembang - Berita bohong atau hoaks tentang telur rebus penangkal Corona Covid-19 yang beredar di media sosial (medsos), ternyata mampu meyakini warga Bangka Belitung.

Informasi hoaks tersebut membahas tentang bayi baru lahir yang langsung bicara. Bayi tersebut mengatakan jika telur yang direbus sebelum pukul 00.00 WIB, bisa menangkal Corona Covid-19.

Dis-informasi yang beredar di Facebook ini, ternyata membuat kecemasan warga Bangka Belitung.

“Dalam waktu satu jam saja, 5 rak telur di warung saya langsung ludes dibeli warga sekitar,” ujar Harli, pemilik warung di Desa Air Gantang Kecamatan Parit Tiga, Bangka Barat, Bangka Belitung, Kamis (26/3/2020).

Penjualan drastis ini cukup mengagetkannya. Para warga yang membeli telurnya, beranggapan jika informasi itu benar.

Rusdy Saputra, tokoh masyarakat di Parit Tiga Bangka Belitung menyayangkan, banyak warganya yang percaya dengan informasi yang tidak valid tersebut. Dia pun menegaskan, jika informasi di medsos tersebut adalah hoaks.

"Saya menghimbau ke masyarakat, jangan cepat percaya dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” ucapnya.

Dia pun meminta warga Parit Tiga Bangka Belitung, untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah. Yaitu tetap berada di rumah, menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Rusdy juga mengingatkan agar warganya terus berdoa sesuai kepercayaan masing-masing, agar bisa terlepas dari musibah Virus Corona Covid-19 ini.

Informasi hoaks tersebut awalnya diposting oleh akun Facebook Muhammad Nasrun Ridin, yang berisi rekaman suara bayi baru lahir, yang mengatakan tentang telur rebus sebagai penangkal Corona Covid-19.

Berita hoaks yang juga beredar di Bangka Belitung ini, turut diposting oleh akun Facebook Rudy Santoso Liu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bayi Bisa Bicara

Video Bayi Berbicara Telur Rebus Penangkal Virus Corona Tidak Benar
Viral video bayi dapat berbicara telur rebus yang diklaim sebagai petunjuk penangkal virus Corona baru (Covid-19), benarkah?

Ternyata berita bohong ini juga membuat warga Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) percaya.

Seperti diungkapkan Zara, warga Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang, saat mengetahui salah satu anggota keluarganya menyarankan untuk mengkonsumsi telur rebus.

Salah satu saudaranya langsung menyuruh Zara untuk membeli telur dan direbus sebelum pukul 00.00 WIB. Namun saran saudaranya itu langsung diluruskan oleh Zara.

“Saudara saya membagikan postingan Facebook tentang bayi baru lahir yang bisa bicara tentang telur tersebut. Lalu saya berikan edukasi, bahwa informasi di medsos itu bohong. Harus pintar menyaring informasi, agar jangan mudah terpengaruh,” ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya