Jelang Ramadan 1443 H, Bagaimana Kondisi Jalur Mudik di Garut?

Hasil pemantauan jalur mulai Limbangan hingga Malangbong, kemudian Kadungora - Tarogog yang dilakukan bersama Dirlantas Polda Jabar, menemukan perlunya perbaikan.

oleh Jayadi Supriadin diperbarui 20 Mar 2022, 12:00 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2022, 12:00 WIB
Kasatlantas Polres Garut AKP Undang Syarif Hidayat, mengatakan hasil pemantauan jalur mulai Limbangan hingga Malangbong, kemudian Kadungora - Tarogog yang dilakukan bersama Dirlantas Polda Jabar, menemukan perlunya perbaikan.
Kasatlantas Polres Garut AKP Undang Syarif Hidayat, mengatakan hasil pemantauan jalur mulai Limbangan hingga Malangbong, kemudian Kadungora - Tarogog yang dilakukan bersama Dirlantas Polda Jabar, menemukan perlunya perbaikan. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Garut - Dua pekan menjelang datangnya momen Ramadan 1443 H, Satuan Lalu Lintas Polres Garut, Jawa Barat mulai berbenah melakukan pengecekan jalur mudik.

Kasatlantas Polres Garut AKP Undang Syarif Hidayat, mengatakan hasil pemantauan jalur mudik mulai Limbangan hingga Malangbong, kemudian Kadungora-Tarogog yang dilakukan bersama Dirlantas Polda Jabar, menemukan perlunya perbaikan.

“Ada beberapa titik yang mungkin perlu perbaikan yang pertama terkait jalan Salamanja, itu sekarang masih dalam perbaikan dan rencana H min 7 itu sudah selesai,” ujarnya di Mapolres Garut, Jumat (18/3/2022).

Tidak hanya itu, jalur alternatif mulai Leuwigoong hingga Tutugan Leles segera dilakukan pengecoran untuk memudahkan arus lalu lintas saat kondisi jalur utama penuh. “Insya Alloh tanggal sebelum H min 7 itu sudah selesai,” kata dia.

Undang menambahkan, untuk membantu kemudahan para pengguna jalan terutama mengenai Penerangan Jalan Umum ({PJU) , Lembaganya telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR termasuk Dinas Perhubungan Pemda Garut, untuk melengkapi sejumlah fasilitas pendukung jalan.

“Insya Allah akan segera dilengkapi,” kata dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video PIlihan Ini:


Imbauan

Sejumlah pekerja PUPR tengah melakukan sejumlah penambalan jalan di wilayah Garut kota.
Sejumlah pekerja PUPR tengah melakukan sejumlah penambalan jalan di wilayah Garut kota. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Selain pengecekan jalur mudik, Undang mengingatkan pemudik berhati-hati saat melintasi sejumlah jalur yang kerap menimbulkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Pertama sepanjang jalur Cijolang menuju Malangbong. “Karena jalannya berkelok, tapi banyak kendaraan yang mengambil terlalu ke kanan, nah itu kita sudah antisipasi himbauan berkaitan sering terjadinya kecelakaan,” kata dia.

Kemudian, jalur tanjakan tajam dan berkelok di kawasan Andir jalur Malangbong menuju arah Tasikmalaya, kerap menimbulkan kemacetan dan kecelakaan pengguna jalan.

“Banyak kendaraan berat yang tidak bisa naik sehingga mundur kembali sehingga terjadinya kecelakaan,” kata dia.

Sementara beberapa titik menuju wilayah kota Garut yang menjadi perhatian petugas yakni tanjakan Lebak Jero, serta Tutugan Leles yang memiliki tanjakan panjang dan berkelok.

“Kami juga mengingatkan seluruh anggota menjaga stamina karena kita akan berada penuh di jalur,” ujar dia.

Undang menyatakan meskipun momen mudik tahun ini belum diumumkan pemerintah, namun sejumlah persiapan dan pembenahan jalur mudik tetap dilakukan seluruh anggota kepolisian. 

"Yang penting kita sudah mempersiapkan dengan matang," ujar dia bangga.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya