Bagi-Bagi Manfaat Perusahaan Tambang untuk Masyarakat Desa di Morowali Utara

Kehadiran perusahaan pertambangan nikel di Kabupaten Morowali Utara juga menopang pengembangan ekonomi masyarakat lingkar tambang di daerah tersebut, mulai desa hingga kelompok nelayan.

oleh Heri Susanto diperbarui 17 Jun 2022, 20:00 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2022, 20:00 WIB
penyerahan dana CSR PT Trinusa Dharma Utama ke Pemerintah Desa Ganda-Ganda
Dana CSR PT Trinusa Dharma Utama Semester 1 tahun 2022 diterima Pemdes Ganda-Ganda untuk pengembangan dan pembangunan desa. (Foto: Humas PT Trinusa Dharma).

Liputan6.com, Morowali Utara - Maanfaat kolaborasi dengan perusahaan itu salah satunya dirasakan oleh masyarakat lingkar tambang PT Trinusa Dharma Utama (TDU) di Desa Ganda-Ganda Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali Utara.

Infrastruktur hingga fasilitas publik di desa itu terbangun dengan kerja sama warga desa dan pihak perusahaan. Selain bengunan fisik, menurut kepala desa setempat kolaborasi itu juga terwujud dengan kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan.

"Sejauh ini perusahaan respect terhadap warga. Bila ada keluhan yang menyangkut kepentingan warga, pihak perusahaan selalu hadir dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan," kata Kepala Desa Ganda-Ganda, Haerudin, Rabu (15/6/2022).

Komitmen kolaborasi itu sendiri menurut Direktur Utama PT TDU, Mohamad Gentha Putra diwujudkan dengan alokasi pendanaan pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan melalui program CSR.

Data perusahaan tambang tersebut menunjukkan sepanjang semester 1 tahun 2022 dana Rp500 juta terserap untuk Corporate Social Responsibility (CSR) bersama masyarakat setempat. Dari jumlah itu Rp300 juta diperuntukkan bagi pengembangan Desa Ganda-Ganda yang berada di lingkar tambang, Rp118 juta untuk pembinaan Kelompok Nelayan Teluk Mori, sedangkan sisanya Rp85 juta digunakan untuk menyubsidi kebutuhan pokok warga di beberapa desa selama pandemi Covid-19.

Pihak perusahaan berharap komitmen pemanfaatan program CSR tersebut meningkatkan kualitas ekonomi dan kehidupan warga sekitar dan menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk menempatkan masyarakat sebagai mitra strategis.

"Kami berharap semakin bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menjadi teladan bagi perusahaan-perusahaan lain dalam menerapkan konsep Good Corporate Citizen yang berkelanjutan," Direktur Utama PT TDU, Mohamad Gentha Putra memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya