Bukan Sekadar Stiker, Kode Angka pada Buah Ternyata Ada Artinya

Untuk mengetahui lebih banyak tentang arti di balik stiker kode angka buah yang ditempel pada buah-buahan, berikut ulasannya.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 12 Okt 2022, 05:00 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2022, 05:00 WIB
Campus CJ
Jenis buah terbaik, dimulai dengan angka 9, dengan 5 kode digit. Jika stiker ini tertempel pada buah, artinya buah ini menggunakan pupuk alami alias dikembangkan ala pertanian tradisional.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jika diperhatikan, buah yang dijual di supermarket kebanyakan dilengkapi dengan stiker yang menempel pada kulitnya, khususnya buah impor. Label-label stiker dengan beragam warna tersebut biasanya dilengkapi dengan beberapa digit angka.

Ternyata, masing-masing warna dan angka pada stiker buah tersebut memiliki simbol dan maknanya tersendiri. Stiker tersebut umumnya disebut dengan price look up (PLU).

Kode PLU dikeluarkan oleh International Federation Product Standarts (IFPS) yang memang diperuntukkan oleh para produsen buah. Kode-kode tersebut bertujuan untuk memudahkan pelacakan persediaan, mengatahui harga yang dipatok oleh beberapa penjual lainnya, serta memudahkan pendataan buah apa saja yang dibeli oleh konsumen.

Bukan itu saja, kode PLU juga memuat informasi mengenai proses penanaman buah, apakah ditanam secara organik atau konvensional. Untuk mengetahui lebih banyak tentang arti di balik stiker kode angka buah yang ditempel pada buah-buahan, berikut ulasannya.

1. Stiker empat angka yang diawali dengan angka 3 dan 4

Buah yang memiliki tempelan stiker berisi empat digit angka dengan awalan angka 3 atau 4 berarti buah tersebut ditanam dengan teknik pertanian konvensional. Artinya, penanaman buah tersebut juga melibatkan proses pemberian pupuk dan pestisida.

Jika kamu membeli buah dengan kode PLU ini, maka kamu wajib mencucinya hingga benar-benar bersih. Tak perlu khawatir karena jika kamu mencucinya dengan bersih, maka tubuh akan terbebas dari kontaminasi pestisida.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Angka 8

2. Stiker lima angka yang diawai dengan angka 8

Selanjutnya, jika stiker yang tertempel pada kulit buah berisi lima digit angka dan dimulai dengan angka 8, artinya buah tersebut telah dimodifikasi secara genetik. Buah dengan kode ini telah melalui proses manipulasi genetik yang bertujuan untuk mendapatkan bibit unggul dari suatu organisme dan mempercepat hasil panen buah.

Jika kamu adalah seseorang yang mempedulikan kemurnian dan kandungan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi, sebaiknya hindari buah dengan kode ini. Pasalnya, hasil modifikasi genetika sempat menuai pro dan kontra karena dianggap dapat mengurangi nilai gizi dan nutrisi pada makanan.

3. Stiker lima angka yang diawali dengan angka 9

Kode PLU selanjutnya pada buah adalah buah dengan stiker lima angka yang diawali dengan angka 9. Buah-buahan dengan kode ini berarti melalui proses penanaman secara organik.

Buah dengan kode PLU ini sangat cocok untuk kamu penggemar makanan sehat dan serba organik.

(Resla Aknaita Chak)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya