Simak Asupan Makanan untuk Jaga Kesehatan Mata

Kandungan bahan alami pada makanan biasanya tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata, tapi juga manfaat kesehatan lainnya.

oleh Panji Prayitno diperbarui 15 Nov 2022, 02:00 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2022, 02:00 WIB
Deretan Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata
Ilustrasi Mata Sehat (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki mata indah dan sehat menjadi dambaan setiap manusia. Untuk itu, perawatan mata menjadi salah satu unsur penting dalam menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Salah satu cara alami yang paling populer untuk menjaga kesehatan mata banyak makan sayuran wortel. Tidak heran jika wortel sering dijadikan berbagai olahan makana karena kandungan beta karoten yang baik untuk mata.

Namun, ada beberapa jenis makanan selain wortel yang bisa dikonsumsi untuk menjaga mata menjadi sehat. Kandungan bahan alami pada makanan biasanya tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata, tapi juga manfaat kesehatan lainnya.

Yuk, simak berbagai bahan makanan alami yang tidak membosankan untuk dikonsumsi agar mata tetap sehat.

Bayam

Variasi makanan pertama adalah bayam. Makanan kesukaan karakter kartun Popeye ini mengandung lutein dan zeaxanthin. Dua jenis pigmen tersebut mampu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak. Mata juga tidak akan rusak meskipun sering terkena paparan sinar matahari saat sahabat beraktivitas di luar ruangan.

Salmon

Nah, kalau konsumsi salmon tentunya sudah populer dikonsumsi berkat manfaat dari kandungan Omega 3. Asam lemak ini sangat baik untuk meringankan mata kering. Makan ikan salmon juga bisa mengurangi risiko kebutaan yang disebabkan degenerasi makula yang berkaitan dengan usia. Salmon juga bisa dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya.

Tomat

Tomat juga berkhasiat dengan tiga nutrisi yaitu vitamin A, vitamin C, dan lycopene. Tiga kandungan bahan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Senyawa lutein dan zeaxanthin juga mampu menyaring gelombang cahaya biru dari sinar ultraviolet B yang berpotensi merusak jaringan mata.

Nah, buat yang sulit makan sayur, tomat bisa jadi salah satu alternatif makanan sehat yang bisa lebih beragam olahannya. Sahabat bisa konsumsi tomat langsung, diolah sebagai jus, atau dicampur ke dalam masakan dengan tidak terlalu matang.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alpukat

Seperti halnya wortel, alpukat juga memiliki kandungan beta karoten yang bisa mendukung penyerapan antioksidan. Tidak hanya kandungan yang baik untuk mata, alpukat juga memiliki manfaat untuk jantung.

Selain itu, alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi masalah mata minus. Nah, daripada minus semakin bertambah, lebih baik dicegah, ‘kan?

Kacang-Kacangan

Manfaat kacang-kacangan seperti kenari, kacang brazil, kacang mete, almond, kacang tanah, hazelnut, dan biji bunga matahari juga baik untuk penglihatan.

Kacang-kacangan ini mengandung vitamin E yang dapat melindungi sel mata dari radikal bebas. Jadi, sahabat bisa konsumsi kacang-kacangan jika ingin sesuatu yang lebih praktis untuk dinikmati.

Telur

Tidak hanya tumbuh-tumbuhan, protein hewani yang sangat mudah dikonsumsi ini juga baik untuk kesehatan mata. Fungsi telur bermanfaat untuk mengurangi risiko kehilangan penglihatan saat usia semakin menua. Pigmen makula yang menjadi pelindung mata juga bisa terus meningkat ketika sahabat sering makan telur.

Cokelat Hitam

Nah, ini dia makanan alternatif yang mungkin akan sangat disukai oleh banyak orang. Lebih populer dengan sebutan dark chocolate, kandungan flavonoid dalam makanan lezat ini ternyata berperan besar untuk meningkatkan kualitas penglihatan. Perubahannya juga cukup signifikan karena cokelat hitam juga mengandung vitamin A yang berasal dari cocoa.

Jadi, bagi Anda yang ingin menjaga kualitas kesehatan mata, pastikan untuk makan jenis makanan yang mengandung vitamin untuk mata. Tak hanya sayuran atau buah, sahabat juga bisa konsumsi camilan agar lebih praktis. Konsumsi makanan tidak perlu berlebihan, tapi setidaknya seimbang dan dikonsumsi secara teratur agar kesehatan mata tetap prima.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya