Ribuan Kepala Desa se-Indonesia Bakal ke Titik Nol IKN Nusantara, Mau Apa?

Sekitar 6 ribu kepala desa dari penjuru Indonesia bakal ke Kalimantan Timur. Kedatangan tersebut dalam rangka Rapat Koordinasi Nasional DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia.

oleh Apriyanto diperbarui 18 Nov 2022, 19:00 WIB
Diterbitkan 18 Nov 2022, 19:00 WIB
Titik Nol IKN
Setidaknya 6 ribu kepala desa bakal memadati titik nol IKN Nusantara. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Paser - Sekitar 6 ribu kepala desa dari penjuru Indonesia bakal ke Kalimantan Timur. Kedatangan tersebut dalam rangka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi).

Kedatangan ribuan kepala desa ini dijadwalkan pada Desember mendatang. Diinformasikan Apdesi Kabupaten Paser bakal berperan aktif dalam Rakornas tersebut.

"Paser dipercaya untuk menjadi wakil dalam kegiatan itu," tutur Ketua DPC Apdesi Kabupaten Paser, Nasri, Rabu (15/11/2022).

Rencananya akan dilaksanakan di Kota Balikpapan. Diungkapkan Nasri, jika Apdesi telah bertemu dengan Gubernur Kaltim, Isran Noor di Samarinda membahas kesiapan Apdesi dalam pelaksanaan Rakornas.

"Untuk pelaksanaan pada pertengahan Desember, tanggal pastinya belum," sambung dia.

Alasan dipilihnya pelaksanaan Rakornas Apdesi di Kaltim, karena erat kaitannya dengan IKN Nusantara yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Bahkan, menurut Nasri, menjadi magnet baru di Benua Etam.

"Setelah Rakornas di Kota Balikpapan, kemudian roadshow ke titik nol IKN Nusantara, teman-teman (Kades dan perangkatnya) berkeinginan melihat secara langsung serta bagaimana dan di mana IKN itu," beber dia.


Sebagai Penyangga, Ingin Anggaran Khusus

Apdesi
Ketua Apdesi Paser, Nasri. (Liputan6.com)

Selaku tuan rumah, Nasri membeberkan pihaknya telah siap dan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada. Rakornas nantinya dikatakannya Presiden Indonesia, Joko Widodo bakal hadir bersama beberapa menteri.

"Tujuan Rakornas di Kaltim sebagai bentuk perwujudan dukungan para kepala desa atas pemindahan IKN di Sepaku," beber Nasri yang juga Kepala Desa Olong Pinang Kabupaten Paser.

Kabupaten Paser sebagai daerah penyangga IKN Nusantara, Nasri berharap ada efek yang sangat luar biasa untuk pembangunan di wilayah selatan Kaltim ini, khususnya anggaran khusus dari pemerintah pusat.

"Kami minta pusat dapat memberikan perhatian lebih bagi daerah yang menyokong keberadaan IKN," tutupnya.

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya