Festival Anak Sebangau 2022, Kenalkan Edukasi Lingkungan Sejak Usia Dini

Borneo Nature Foundation (BNF) Indonesia melalui Festival Anak Sebangau 2022, mencoba memberi pemahaman kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan. Tak hanya itu, mereka juga diminta untuk melukis dan memotret alam yang hasilnya dipamerkan dalam festival tersebut.

oleh Marifka Wahyu Hidayat diperbarui 12 Des 2022, 13:07 WIB
Diterbitkan 12 Des 2022, 13:00 WIB
Festival Anak Sebangau
Festival Anak Sebangau di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (11/12/2022). Foto: Marifka Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Palangka Raya - Pada hakikatnya manusia dan alam dapat hidup berdampingan. Maka untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan peran edukasi lingkungan sejak usia dini, guna menumbuhkan kesadaran tersebut.

Borneo Nature Foundation (BNF) Indonesia melalui Festival Anak Sebangau 2022, mencoba memberi pemahaman kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan. Tak hanya itu, mereka juga diminta untuk melukis dan memotret alam yang hasilnya dipamerkan dalam festival tersebut.

Bertempat di Dermaga Kereng Bengkirai, Taman Nasional Sebangau. Para anak-anak sangat antusias mengikuti acara tersebut, seperti yang dilakukan Ani, baginya hal ini menjadi pengalaman baru.

"Senang banget bisa ikut acara seperti ini, selain bisa punya teman baru, kami juga dapat mengenal alam melalui hal yang menyenangkan," ungkap Ani, Minggu (11/12/2022).

Selain melukis dan pameran fotografi, mereka juga mempentaskan seni tari musikal tentang menjaga alam. Sehingga, aksinya mengundang pujian dari seorang warga negara asing asal Inggris, Cameron.

"Acara ini sangat luar bisa, keren banget. Saya sangat suka sekali dengan budaya di Indonesia," ujar Cameron.

Sementara itu, Adhy Maruli selaku Kepala Program Sebangau BNF Indonesia menegaskan, jika kederisasi sangat penting, karena perlindungan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama untuk diteruskan ke generasi berikutnya.

"Semakin banyak kader yang bisa kami berikan pengetahuan sejak dini, semakin besar pontensi kami untuk menyelamatkan lingkungan di Kalimantan Tengah, khususnya Taman Nasional Sebangau," Adhy Maruli mengakhiri.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya