3 Wisata Apung di Pulau Jawa dari Tradisional hingga Modern

Pengelola objek wisata apung ini menyuguhkan konsep dan suasana yang menarik di setiap lokasi dan memberi pengalaman berbeda kepada pengunjung.

oleh Panji Prayitno diperbarui 23 Des 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 23 Des 2022, 06:00 WIB
3 Wisata Apung yang Terdapat Jawa dari Tradisional hingga Modern
Lokasi tempat wisata baru di Bandung ini cukup dekat dari Ciater.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dikenal sebagai negara maritim karena memiliki wilayah teritorial laut yang luasnya melebihi wilayah daratannya.

Oleh sebab itu, banyak wisata Indonesia yang didominasi perairan seperti, pantai, laut, hingga perairan sungai. Salah satunya objek wisata apung yang ada di sejumlah daerah.

Pengelola objek wisata apung ini menyuguhkan konsep dan suasana yang menarik di setiap lokasinya. Sehingga, memberi pengalaman berbeda ketika pengunjung berlibur ke wisata apung di Indonesia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah wisata apung yang terdapat di Pulau Jawa.

Floating Market Lembang

Bandung yang dikenal sebagai Paris Van Java Indonesia terkenal akan berbagai destinasi wisata uniknya, dimulai dari nilai sejarahnya, perkebunan, hingga perairan.

Floating Market Lembang seperti namanya terletak di Kabupaten Lembang, Bandung Jawa Barat.

Menyuguhkan suasana pedesaan dan keindahan alam hingga hamparan danau yang sangat luas, menjadikan Floating Market Lembang mempunyai keunikan sendiri dibandingkan pasar apung lainnya.

Wisata Floating Market Lembang menjadikan objek wisata yang hanya berbelanja di pasar apungnya melainkan di sini dapat memberi makan angsa, kelinci, dan ikan.

Terdapat juga perkebunan stroberi, kebun sayur organis, berbagai permainan, restoran, dan berbagai outlet yang menyediakan oleh-oleh khas Bandung.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pasar Apung Banjir Kanal Barat Semarang

Semarang pun mempunyai pasar apung yang bernama Pasar apung Banjir Kanal Barat (BKB).

Lain halnya dengan Bandung pasar apung BKB ini beroperasi di atas sungai yang begitu besar yang merupakan penyatuan dari tiga sungai besar yaitu Sungai Kreo, Kripik, dan Garang.

Para pedagang menggunakan perahu sampan untuk berjualan di atas sungai dengan cara menghampiri pembeli dengan menghampirinya secara bergantian.

Adapun pembeli menunggangi kapal yang sudah disediakan dan menghampiri para pedagang pasar apung tersebut.

Jadwal operasional pasar tersebut dimulai dari jam 06.00 hingga 09.00 WIB. Dan pengunjung yang ingin berbelanja di pasar apung diimbau untuk menggunakan pelampung karena ditakutkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pasar apung BKB ini merupakan salah satu destinasi penunjang kemajuan Kota Semarang, selain keunikannya, harga barang yang dijajakan di sini pun juga relatif murah.

Pengunjung hanya mengatre lalu menukarkan Kartu Tanda Penduduk untuk mendapatkan kartu merah yang menjadi akses masuk pasar apung tersebut.

Pasar Ah Poong Sentul

Bagi warga Jakarta yang ingin mengunjungi pasar apung tidak perlu jauh-jauh untuk mengunjungi wisata apung.

Pinggiran Kota Jakarta Sentul pun terdapat sebuah pasar apung modern bernama pasar apung Ah Poong.

Yang berdiri di atas Sungai Cikeas, Bogor tersebut cukup ditempuh dengan jarak 1 kilometer saja dari pintu tol Sentul City, dan berada di bagian depan perumahan mewah tersebut. Jika Anda datang dari Kota Bogor, lokasinya berada di sebelah kiri jalan tol Jagorawi, sedangkan jika Anda datang dari Jakarta, maka lokasinya berkebalikan.

Berbeda dengan pasar apung lainnya, pasar apung di sini menyediakan berbagai macam kuliner Indonesia dari Mi Aceh hingga Empal Gentong Khas Cirebon.

Harga yang dibandrol dimulai dari Rp35 ribu hingga Rp200 ribu.

Tidak hanya hidangan kuliner, wahana permainan dan edukasi pun tersedia di pasar Ah Poong seperti memancing ikan, ride mobil, dan lainnya.

Nah itulah destinasi wisata pasar apung yang berada di pulau Jawa, mana nih pasar apung yang ingin kalian kunjungi?

 

Penulis: Nela Qurrotu'ain

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya