5 Tempat Wisata Air di Jakarta yang Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga

Berikut tempat wisata air Jakarta yang cocok untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

oleh Tifani diperbarui 20 Des 2022, 17:36 WIB
Diterbitkan 20 Des 2022, 17:00 WIB
Melihat Kawasan Konservasi Alam Mangrove di Angke
Pengunjung saat berjalan di Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk, Jakarta, Kamis (23/6/2022). Kawasan hijau seluas 99,82 hektare ini dikenal sebagai kawasan konservasi alam mangrove yang dimanfaatkan untuk wisata dan rekreasi alam. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Berlibur bersama tak melulu harus pergi jauh, mengunjungi berbagai destinasi wisata Jakarta dan sekitarnya dapat menjadi pilihan bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tempat wisata air Jakarta yang cocok untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

1. Taman Wisata Alam Mangrove

Siapa sangka bahwa Jakarta juga memiliki beragam destinasi wisata air yang dapat menjadi tujuan wisata menarik. Salah satunya ialah Taman Wisata Alam Mangrove yang terletak di Muara Angke.

Para wisatawan mengelilingi hutan mangrove dengan menyewa kapal di salah satu tempat wisata air ini. Kapasitas kapal yang bisa memuat dua hingga delapan orang, cocok dijadikan alternatif untuk mengajak teman-teman atau keluarga.

Waktu yang tepat untuk menikmati hutan mangrove adalah saat siang hari, tapi pastikan wisatawan membawa topi, lotion anti-nyamuk dan mengenakan baju lengan panjang agar tidak terbakar matahari. Taman Wisata Alam Mangrove ini memiliki area yang cukup luas.

Ada banyak tempat kekinian yang dapat dimanfaatkan untuk tempat berfoto di tempat wisata keluarga ini. Namun ingat, wisatawan hanya diperbolehkan berfoto menggunakan kamera smartphone, karena kamera profesional akan dikenakan biaya tambahan.

Di sekitar hutan mangrove juga terdapat pondok-pondok berderet rapi yang dapat dijadikan tempat menginap. Harga tiket masuk Taman Wisata Alam Mangrove yang memiliki area cukup luas ini dibanderol mulai dari Rp10.000 hingga Rp25.000.

Sedangkan, untuk menyewa kapal dibanderol sebesar Rp100.000. Taman Wisata Alam Mangrove Muara Angke ini terletak di Jalan Garden House No 4, RT4/RW3, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Taman Wisata Alam Mangrove buka setiap hari, mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Allianz Ecopark

2. Allianz Ecopark

Allianz Ecopark terletak di kawasan Ancol, Jalan Lodan Timur Nomor 7 Ancol Taman Impian, Jakarta Utara. Salah satu tempat wisata air di Jakarta ini merupakan tempat favorit untuk menghabiskan waktu pagi hari bersama keluarga.

Allianz Ecopark sering digunakan sebagai tempat olahraga pagi ataupun olahraga sore. Para wisatawan akan menemukan taman yang luas dengan banyak pohon yang rimbun, sangat cocok untuk aktivitas olahraga outdoor.

Setelah lelah berolahraga, wisatawan bisa mengajak anak-anak untuk mengelilingi danau yang dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun dan teduh. Bahkan, saat berkeliling wisatawan dapat menemukan berbagai macam tumbuhan dan hewan langka yang ada di area Ecocare dan Eco Nature di sepanjang sungai.

Allianz Ecopark buka setiap hari, mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

3. Sea World Ancol

Salah satu tempat wisata air di Jakarta yang berkonsep edukasi yang sangat populer adalah Sea World Ancol. Wahana air di kawasan wisata Ancol ini akan mengajak para wisatawan untuk menikmati suasana lautan sambil melihat dan mengenal biota laut melalui terowongan bawah air yang sepanjang 80 meter.

Tak hanya itu saja, ada juga wahana fun dive bagi yang ingin mencoba untuk menyelam bersama ikan yang beraneka ragam. Wisatawan juga bisa menikmati serunya wahana lain di Ancol seperti Dufan, Ocean Dream Samudra, dan sebagainya dengan tiket bundling yang dibanderol dengan harga sekitar Rp250.000- Rp350.000.

Sea World Ancol buka setiap hari, mulai pukul 09.30-16.00 WIB.

4. Atlantis Water Adventures Ancol

Atlantis Water Adventures Ancol dapat menjadi pilihan tempat wisata air di Jakarta yang cukup menantang. Pasalnya, tidak hanya menyajikan wahana bermain air biasa, wisatawan dapat mencoba berbagai wahan air yang cukup memacu adrenalin.

Terdapat 4 klasifikasi wahana yang ada di Atlantis Water Adventures Ancol ini, mulai dari Children Rides untuk anak-anak, Family Rides untuk keluarga, Water Ride untuk permainan air, serta Thrill Ride yang menantang dan memacu adrenalin. Ada juga kolam tanding yang dapat memungkinkan pengunjung untuk beradu kecepatan dalam berenang

Harga tiket masuk salah satu destinasi wisata air di Jakarta ini dibanderol mulai dari Rp130.000 per orangnya. Atlantis Water Adventures Ancol dibuka setiap hari, mulai pukul 08.00-15.30 WIB.

5. Pantai Ancol

Pantai Ancol merupakan destinasi wisata air di Jakarta yang populer. Pantai ini berada di Jalan Pasir Putih, Jakarta Utara atau tepatnya satu kawasan dengan objek wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Selain dapat bersantai sambil berfoto di sekitar pantai, wisatawan juga dapat berkunjung ke tempat wisata lainnya yang masih berada dalam satu kawasan. Harga tiket masuk tempat wisata ini dibanderol mulai Rp25.000 per orang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya