Waspada Titik-Titik Rawan Kecelakaan dan Kemacetan di Banten Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Ada 3.327 personel gabungan akan menjaga dan mengatur lalu lintas selama libur Natal dan tahun baru (Nataru), di wilayah hukum Polda Banten.

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 21 Des 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 21 Des 2022, 13:00 WIB
Polda Banten menggelar apel mengenai persiapan menghadapi demo 11 April 2022.
Polda Banten menggelar apel mengenai persiapan menghadapi demo 11 April 2022, Minggu (10/4/2022). (Foto: Dokumentasi Polda Banten)

Liputan6.com, Serang - Ada 3.327 personel gabungan akan menjaga dan mengatur lalu lintas selama libur Natal dan tahun baru (Nataru), di wilayah hukum Polda Banten, terbagi dari 1.696 polri, 292 TNI, serta 1.259 dari instansi lainnya. Rumah ibadah, pelabuhan, hingga objek wisata menjadi fokus pengamanan Operasi Lilin Maung 2022.

"Pospam (nataru) sudah jadi semua, kemudian tanggal 22 Desember 2022 kita laksanakan gelar pasukan, (Operasi Lilin Maung) mulai 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023," ujar Karo Ops Polda Banten, Kombes Pol Dedi Suhartono, Selasa (20/12/2022).

Berdasarkan data dari Polda Banten, lokasi rawan kecelakaan lalu lintas berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Cikande, Citerep, Kalodran, Kramatwatu, Bojonegara, hingga perempatan tol Cilegon Barat.

Kemudian rawan macet berada di Balaraja Barat, Pasar Gembong, Persimpangan Asem Cikande, depan PT Nikomas, Pasar Tambak, Pasar Kragilan, Pasar Kalodran, Pasar Ciruas, Terminal Pakupatan, Kramatwatu, hingga Serdang.

Sedangkan, di jalan tol Tangerang-Merak, daerah rawan kecelakaan berlokasi di Tol KM87 dan KM97. Sedangkan, rawan macet berada di Gerbang Tol Cikupa, Gerbang Tol Merak, serta KM 52 hingga KM 72, lantaran ada pekerjaan pelebaran jalan di ruas tol milik Astra Infra Toll tersebut.

Jika terjadi antrean kendaraan hingga keluar Pelabuhan Merak, akan diberlakukan buka tutup gerbang tol di Cikupa yang mengarah ke pelabuhan.

Sejumlah pelabuhan alternatif disiapkan untuk mengurangi beban angkutan di Pelabuhan Merak, yakni Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Bojonegara, Kabupaten Serang. Kemudian Pelindo II serta Pelabuhan Indah Kyat di Kota Cilegon, Banten.

"(Prediksi puncak libur Natal) mudik 23 sampai 24 Desember 2022, kalau wisata tanggal 25 Desember, kalau arus balik 31 Desember 2022. Kalau rest area sudah penuh ya tidak boleh masuk, diteruskan, jadi tidak ada penumpukan di rest area. Rest area ada dua," terangnya.


Antisipasi Teror

Kepolisian mengantisipasi terjadinya aksi terorisme serta kejahatan lainnya, selama libur Natal dan tahun baru. Penjagaan rumah ibadah, objek wisata, hingga lokasi keramaian lainnya akan dijaga ketat personel gabungan.

"Yang jelas masalah teror, kemacetan, gangguan keamanan yang lain, seperti gerombolan sepeda motor, premanisme, curat, curas, dan pencurian biasa. Kemudian tempat wisata, tempat ibadah, tetap kita prioritaskan," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya