UMY Kirim 116 Mahasiswa ke 6 Negara dalam Program Pertukaran Pelajar

UMY mengirimkan 116 mahasiswanya ke luar negeri dalam program Student Exchange ke 6 negara.

oleh Yanuar H diperbarui 21 Jan 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2023, 20:00 WIB
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Sebanyak 300 orang mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bertandang ke muara Sungai Bogowonto, Selasa (24/5/2022).

Liputan6.com, Yogyakarta - Untuk memberikan pengalaman belajar di luar negeri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan memberangkatkan 116 mahasiswanya ke luar negeri sebagai Student Exchange. Program Student Exchange ini, menurut Kepala Lembaga Kerja Sama dan Internasional UMY, Fitri Arofiati, akan memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa-mahasiswa yang terpilih itu.

"Tidak semua mahasiswa memiliki kesempatan dan mampu menggunakan kesempatan ini. Begitupun tidak semua mahasiswa dapat meniatkan dirinya untuk mencoba mengembangkan diri dan bergaul dengan teman-teman mahasiswa di luar negeri. Itu merupakan sesuatu yang akan dapat menjadi catatan sejarah di hidup mereka," ujarnya, Senin (16/01/2023).

Fitri juga mengatakan, sebelum 116 mahasiswa tersebut diberangkatkan ke 6 negara terpilih untuk melakukan student exchange, mereka juga sudah diberi pembekalan yang dilakukan pada Sabtu (14/1/2023). Ke-116 mahasiswa nanti akan ke-6 negara yang berbeda seperti Malaysia, Thailand, Taiwan, Jepang, Spanyol, dan Polandia.

"Pre-Departure Student Exchange yang kami lakukan ini kami tujukan untuk mempersiapkan para mahasiswa dalam melakukan student exchange nantinya," dia mengatakan.

"Dalam kegiatan student exchange tersebut mahasiswa diberi bekal materi mengenai kehidupan pelajar di luar negeri, seperti cara menyesuaikan diri di luar negeri, dan hal-hal lainnya yang dianggap esensial untuk bertahan hidup di luar negeri," Fitri menandaskan.

 

 

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya