Menyibak Asal Usul Nama Jeep Rubicon

Mobil Jeep Rubicon saat ini menjadi kendaraan yang ramai dibahas oleh masyarakat Indonesia setelah kasus penganiayaan seorang remaja oleh anak pejabat pajak bernama Mario Dandy. Pelaku penganiayaan tersebut menghampiri lokasi korban menggunakan mobil Jeep Rubicon.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 01 Mar 2023, 14:45 WIB
Diterbitkan 01 Mar 2023, 14:39 WIB
Jeep Rubicon Bernopol 'B60LU' Nongkrong di Sency
Plat nomor yang ditempelkan pada Jeep Rubicon berkelir putih pun sukses membuat siapapun yang melihatnya geleng-geleng kepala.

Liputan6.com, Bandung - Mobil Jeep Rubicon saat ini menjadi kendaraan yang ramai dibahas oleh masyarakat Indonesia setelah kasus penganiayaan seorang remaja oleh anak pejabat pajak bernama Mario Dandy. Pelaku penganiayaan tersebut menghampiri lokasi korban menggunakan mobil Jeep Rubicon.

Namun, jauh sebelum kasus ini terjadi mobil Jeep Rubicon memang sudah dikenal sebagai kendaraan 4X4 yang mendunia. Bahkan, kendaraan ini dikenal sebagai kendaraan Jeep yang mewah.

Kendaraan Jeep Rubicon ini juga dikenal sebagai mobil yang tangguh karena diklaim dapat menerjang berbagai medan berat off-road seperti bebatuan, berlumpur, bahkan menerjang banjir. Meskipun dinilai sebagai kendaraan tangguh mobil ini juga masih cocok digunakan pada jalanan kota.

Adapun pemilihan nama Jeep Rubicon ini ternyata mempunyai inspirasi yang berasal dari salah satu pegunungan yang ada di benua Amerika. Chief Marketing dari PT Garansindo Inter Global Rieva Muchsin, selaku perusahan distributor resmi Jeep di Indonesia menjelaskan arti nama tersebut.

"Diberi nama Rubicon, karena terinspirasi bentangan gunung di benua Amerika yang dikelilingi oleh hutan, danau, sungai dan bebatuan," kata Rieva.

Melansir dari jeep.ca, pemilihan nama Rubicon diawali dengan mencari hubungan antara Jeep dengan nama Rubicon itu sendiri. Adapun Rubicon Trail dikenal sebagai jalur off-road yang paling terkenal di dunia.

Sejarahnya berawal ketika pada 1953 saat itu kelompok berjumlah 150 orang mengendarai mobil Jeepnya dan melintasi jalur batuan yang melewati Pegunungan Sierra Nevada dalam perjalanannya kepada Danau Tahoe di California.

Jeep sendiri saat itu tengah mencoba untuk beralih dari kendaraan kerja menjadi teman untuk berpetualang. Sehingga para penggemar kendaran tersebut pun melakukan perjalanan tersebut dan melintasi jalur tersebut.

Sehingga nama tersebut mengacu kepada bagaimana kendaraan Rubicon bisa menjadi kendaraan pamungkas yang bisa membawa pengendaranya ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya