Viral Video Sri Sultan Memimpin Upacara HPKN di Tengah Guyuran Hujan

Gubernur DIY memberikan contoh betapa semangat menjadi hal yang urgen bagi generasi muda saat ini. Salah satunya saat memimpin upacara HPKN di tengah hujan turun.

oleh Yanuar H diperbarui 05 Mar 2023, 00:33 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2023, 00:31 WIB
Sultan akan Jadikan Hotel di Jogja jadi Karantina Corona
Gubernur DIY Sultan HB X memiliki keinginan agar gedung, wisma dan hotel jadi tempat karantina pasien Corona di Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta Beberapa waktu lalu viral beredar potongan video Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berdiri di bawah hujan pada saat menjadi inspektur upacara Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN), Rabu (01/03) di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Sri Sultan menunjukkan sikap tetap memimpin jalannya upacara walaupun diguyur hujan tanpa menggunakan payung.

Koordinator Substansi Bagian Humas Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji membenarkan momen Sri Sultan  tetap meneruskan upacara meskipun hujan tidak berhenti. Podium tempatnya berdiri memimpin upacara tidak dilindungi oleh tenda maupun payung.

 “Kita sudah menyiapkan payung untuk antisipasi jika beliau (Sri Sultan) ngersaaken. Tapi ternyata beliau tidak kersa dan tetap berdiri di depan hingga upacara selesai,” ujar Ditya di Baleworo, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Jumat 03 Maret 2023.

Ditya mengatakan, Raja Keraton Yogyakarta memang seringkali menginstruksikan sesuatu tidak dengan lisan, tapi dengan mencontohkan. 

“Sesuai dengan wejangan beliau yang mengatakan HPKN adalah refleksi bersatunya elemen bangsa dalam melawan tirani penjajahan," ujarnya.

Sri Sultan yang tidak beranjak dari hujan saat upacara Hari Penegakan Kedaulatan Negara ini menurut Ditya seolah memberikan contoh agar generasi muda memiliki tekad kuat, tidak mudah menyerah dan gigih dalam mencintai NKRI. 

"Refleksi semangat rakyat, yang senantiasa menunjukkan keberanian dan ketangguhan. Beliau mencontohkan hal itu salah satunya dengan sikap seperti kemarin,” ujar Ditya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya